Jumat, 20 Juli 2018 21:30

Terjaring Razia, Puluhan Sepeda Motor Pelajar di Jombang Disita Polisi

Selasa, 10 Januari 2017 15:42 WIB
Terjaring Razia, Puluhan Sepeda Motor Pelajar di Jombang Disita Polisi
Sejumlah pelajar saat terjaring razia di Jombang, Selasa (10/1). foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sedikitnya ada 50 pelajar tingkat SMP-SMA terjaring razia yang dilakukan Satlantas Polres Jombang, Selasa (10/1). Akibatnya, bagi yang tidak membawa SIM (Surat Izin Mengemudi), STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dan tak memakai helm, sepeda motornya disita oleh polisi.

"Untuk sepeda motor yang disita akan dikembalikan setelah pelanggar mengikuti sidang di Pengadilan Negeri (PN). Sementara sepeda motornya kita amankan di kantor," ujar Kasatlantas Polres Jombang, AKP Mellysa Amalia ditemui di lapangan saat razia.

Mellysa menjelaskan, sebelum mengambil kendaraan, para pelajar yang terjaring razia harus membuat pernyataan yang ditandatangani oleh orang tua serta kepala sekolah. Di mana isi surat pernyataan itu berisi perjanjian tidak akan mengulangi pelanggaran lalu lintas yang sudah dilakukan.

"Kami berharap, para orang tua tidak lagi mengizinkan anaknya mengendarai sepeda motor jika belum memiliki SIM. Kami juga akan meminta Dinas Pendidikan membantu melarang pelajar mengendarai sepeda motor jika belum cukup umur," jelasnya.

Menurutnya, razia dilakukan guna menekan angka kecelakaan yang melibatkan pelajar di Kabupaten Jombang. Di samping itu, dasar penindakan para pelajar tersebut yakni Pasal 281 Undang-Undang Lalulintas Nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas yang berbunyi; tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM); Sanksi Pidana Kurungan Paling Lama 4 (empat) bulan atau denda Paling Banyak Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah).

"Ini juga sebagai bentuk pengaplikasian dari atensi yang diberikan oleh Kapolda Jatim terkait tingginya angka lalu lintas yang melibatkan pelajar di Jawa Timur," pungkas Mellysa. (rom/rev)

Oleh: Suparto Wijoyo*
Rabu, 18 Juli 2018 16:49 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo* KABAR pating semliwer memenuhi angkasa dan terhelat dalam belantara bumi nusantara. Para petinggi dan penglamun kekuasaan sedang merancang skenario untuk dapat bertahan, tidak hendak beringsut, tak rela bergeser, apalagi l...
Selasa, 03 Juli 2018 04:36 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Fa-idzaa jaa-a wa’du uulaahumaa ba’atsnaa ‘alaykum ‘ibaadan lanaa ulii ba'sin syadiidin fajaasuu khilaala alddiyaari wakaana wa’dan maf’uulaan (5).Teks ayat kaji ini jelas sekali, beta...
Jumat, 20 Juli 2018 09:30 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Senin, 16 Juli 2018 20:00 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Kelapa yang berada di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban terus berbenah. Beberapa fasilitas penunjang di kawasan obyek wisata pantai tersebut dirombak dan ditambah guna meningkatkan day...