Gus Mus Kritik MUI Tak Jelas, Kiai Ma’ruf Amin: Tak Perlu Dikomentari, Dari Dulu Begitu

Gus Mus Kritik MUI Tak Jelas, Kiai Ma’ruf Amin: Tak Perlu Dikomentari, Dari Dulu Begitu KH A Mustofa Bisri. Foto: tempo.co

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia () KH Ma’ruf Amin enggan menanggapi pernyataan mantan Rais Am Syuriah PBNU KH A Mustofa Bisri () yang mengeritik sebagai organisasi tak jelas.

“Tidak perlu kami mengomentari. Karena dari dulu memang begitu. Jika ada apa-apa, yang dimintai tanggapan,” kata Kiai Ma’ruf Amin dikutip CNNIndonesia.com, Minggu (13/11).

Kiai Ma’ruf Amin yang kini juga menjabat Rais Am Syuriah PBNU menjelaskan, adalah organisasi representasi dari organisasi massa (ormas) Islam yang ada di seluruh Indonesia. sejak dulu dibentuk pemerintah untuk menampung ormas-ormas yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

“Di semua ada, NU ada, Muhammadiyah ada, Al Washliyah, Tarbiyah ada. semuanya. Silakan tanya ke pemerintah,” tutur Kiai Ma’ruf Amin.

Mengutip situs resmi , organisasi ini berdiri pada 26 Juli 1975 di Jakarta, yang merupakan hasil musyawarah ulama, cendekiawan, dan zu’ama yang datang dari berbagai penjuru negeri.

Mereka yaitu 26 orang ulama yang saat itu mewakili 26 provinsi di Indonesia, 10 orang ulama yang merupakan unsur ormas Islam di tingkat pusat, empat ulama dari Dinas Rohani Islam, Angkatan Darat, Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Polri; serta 13 tokoh perorangan.

Sebanyak 10 ulama dari unsur ormas Islam pusat yaitu NU, Muhammadiyah, Syarikat Islam, Perti, Al Washliyah, Math’laul Anwar, Gerakan Usaha Pembaharuan Pendidikan Islam (GUPPI), PTDI, Dewan Masjid Indonesia (DMI), dan Al Ittihadiyyah.

Sebelumnya, melontarkan kritik pedas kepada . mempertanyakan status yang hingga kini dianggapnya semakin tidak jelas.

Menurut , status selama ini tidak jelas dan membingungkan, apakah termasuk organisasi masyarakat, partai politik, atau Institusi Pemerintah.

Meski menyandang status yang tidak jelas, kata , mendapat anggaran dari pemerintah/ negara.

Sumber: cnnindonesia.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO