Senin, 18 Februari 2019 22:25

Warga Kedungmulyo, Bangilan 'Diserang' Penyakit Parotitis

Rabu, 05 Oktober 2016 18:25 WIB
Warga Kedungmulyo, Bangilan
Salah satu bocah di Desa Kedungmulyo yang terserang parotitis memegangi dagunya yang bengkak. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sejumlah warga Desa Kedungmulyo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban terserang penyakit parotitis atau gondokan. Parotitis merupakan sejenis infeksi virus.

Penderita parotitis ditandai dengan gejala pembengkakan yang terletak di bawah telinga dan samping wajah. Sehingga, penderita mengalami pembesaran di sisi bagian wajah.

Rodliyana (22), salah satu warga Kedungmulyo mengatakan bahwa dalam sepekan ini ada 3 saudaranya yang terserang penyakit tersebut. Bahkan, adiknya yang duduk di kelas 4 Sekolah dasar (SD) tidak dapat mengikuti ujian tengah semester (UTS) karena sudah satu Minggu mengalami penyakit gondongan.

"Awalnya mulannya adik kena panas tinggi kemudian tumbuh benjolan kecil di samping pipi wajah," tutur Liya sapaan akrabnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (5/10).

"Penyakit ini menular, ketika ada tetangga satu yang kena, akhirnya yang lain juga ikut terjangkit," ucapnya.

Terpisah, Kader Posyandu Anggrek VI, Desa Kedungmulyo, Samirah (43) menuturkan, wabah penyakit Gondongan di desanya terjadi hampir satu bulan terakhir ini. Jumlah penderita penyakit terus bertambah dan silih berganti.

"Secara bergantian penyakit itu menular, ketika yang satu sembuh lain orang terkena lagi," papar Samirah.

Kata dia, sebagian warga Desa Kedungmulyo, Kecamatan Bangilan hampir merasa pernah mengalami penyakit gondokan dari orang dewasa sampai anak- anak. "Anak saya juga kena, tetapi hari ini sudah sembuh dan masuk sekolah," akunya.

Ia menuturkan jika anaknya sampai tidak mau makan saat menderita parotitis karena merasa sakit saat menelan. "Anak saya sampai gak mau makan-makan gara sakit itu," sambungnya. (tbn1/wan/rev)

Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Rabu, 06 Februari 2019 13:59 WIB
JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menambah jumlah destinasi wisata buatan, sebuah desa di Jombang mengembangkan destinasi wisata tanaman. Di areal wisata ini, pengelola menyuguhkan ratusan aneka tanaman bunga yang menarik dan indah. Selain keindahan wisata...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Februari 2019 10:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU, 13 Februari 2019 ini, Bude Khofifah Indar Parawansa dan Mas Emil E. Dardak dilantik di Istana Negara sebagai Gubernur-Wakil Gubernur periode 2019-2024. Ucapan selamat dan senyum mengembang diragam kesempatan beliau yang me...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...