Dinkes Tuban Deklarasi ODF di Desa Margomulyo, Ajak Masyarakat Stop BAB Sembarangan

Dinkes Tuban Deklarasi ODF di Desa Margomulyo, Ajak Masyarakat Stop BAB Sembarangan Salah satu perwakilan Kepala Dinas Kesehatan, Lulut, saat memberikan piagam deklarasi kepada kepala desa. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban melakukan deklarasi stop Buang Air Besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) di Desa Margomulyo, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban bertempat di balai desa setempat, Kamis (2/6).

Deklarasi tersebut merupakan wujud pelaksanaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yang mana Dinkes melakukan pendekatan untuk mengubah perilaku higine dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabuapten Tuban, dr Saiful Hadi kepada bangsaonline.com mengatakan, dalam pelaksanaan STBM tersebut ada 5 langkah. Pertama, stop buang air besar secara sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

“Kami harap dengan deklarasai ini dapat terciptanya sanitasi total dalam rangka menurunkan penyakit berbasis lingkungan seperti diare, cacingan, penyakit kulit, tipoid, hepatitis, DBD, keracunan, TB paru maupun ISPA,” terang Saiful sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, dengan adanya deklasari ODF tersebut diharapkan tidak ada lagi orang yang buang air secara sembaranan. Selain itu, sudah tidak lagi ditemukan tinja di tempat terbuka, pinggir sungai maupun di tepi jalan.

“Semoga dengan adanya program ini sudah tidak ada lagi masyarakat yang buang air besar secara sembarangan,” paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO