Antisipasi DBD, Pukesmas Senori Lakukan Penyuluhan Kesehatan

Antisipasi DBD, Pukesmas Senori Lakukan Penyuluhan Kesehatan Salah satu petugas medis saat memberikan pemaparan terkait DBD. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan , Kabupaten Tuban mengadakan penyuluhan antisipasi adanya penyakit Deman Berdarah Dengue (DBD) di balai Desa Jatisari, kecamatan setempat, Kamis (23/3).

Penyuluhan tersebut dilakukan sebagai bentuk antisipasi penyebaran DBD terhadap warga, terlebih yang mendapat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala UPTD Puskesmas , Fitria Wahyuningtyas mengungkapkan, saat ini puskesmas belum menemukan indikasi penyakit tersebut. Meski begitu, pihaknya terus melakukan langkah preventif, salah satunya seperti penyuluhan yang digelar ini. Bahkan, pihaknya menyatakan siap bila ada desa lain yang juga meminta penyuluhan serupa.

"Langkah ini akan kami tempuh guna mengantisipasi sejak dini adanya penyakit DBD," paparnya.

Ia menambahkan, pihak Pukesmas setempat sudah membentuk tim Juru Pemantau Jentik (Jumantik) di setiap desa. Tim ini akan memantau gejala-gejala dini penyakit DBD sehingga dicegah sedini mungkin.

"Penyakit DBD ini tidak hanya menyerang anak-anak, tapi dewasa juga bisa terserang. Namun, biasanya yang paling sering menderita DBD adalah anak-anak," pungkasnya. (ahm/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO