Rukmaya, Wadahi Produk Kreasi UKM Surabaya

Rukmaya, Wadahi Produk Kreasi UKM Surabaya Tampilan Gerai Rukmaya di Terminal Bungurasih. foto: faratiti dewi/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Produk yang dijual di Rukmaya (Rumah Kreatif Masyarakat Surabaya) adalah hasil kerajinan kreatif dari UKM yang tergabung dalam Bapemas (Badan Pemberdayaan Masyarakat) Surabaya.

Lokasi gerai Rukmaya, awalnya di Royal Plasa. Namun saat ini sudah pindah di salah satu sudut Terminal Bungurasih.

“Rukmaya didirikan oleh Pemerintahan Kota Surabaya dan dikelola Bapemas. Intinya, Rukmaya mewadahi semua produk kreatif dan menjadi unggulan di setiap UKM di Kota Surabaya. Intinya, siap bersaing melawan produk lainnya. Dan ini mempunyai ciri khas,” kata Ita, penjaga gerai Rukmaya..

“Barang di Rukmaya ini mengambil dari UKM se-Surabaya, kemudian ditampung oleh Bapemas. Jadi kalau stok habis, kita ambil ke UKM langsung. UKM yang tergabung di Bapemas juga beragam, ada produk tas, dompet jeans, aplikasi perca bordir. Kami ambil dari UKM KSM(Kredit Serbaguna Mikro) Mentawai, ada juga sulam pita yang kita ambil di KSM Teduh Indah, ada juga kerajinan bintang laut yang kita ambil di UKM dekat Kenjeran, pokoknya bermacam-macam produk UKM kita jual disini,“ beber Ita.

Harganya juga beragam. Untuk asesoris, dalam kisaran Rp 5 -55 ribu. Untuk mukena dibandrol Rp 180 ribu.

“Rukmaya ini buka setiap hari di pukul 07.00-21.00, hanya saja dibagi menjadi 2 shift, shift pagi dan sore, shift pagi pukul 07.00-15.00 sedangkan shift sore pukul 13.00-21.00 kerjanya 8 jam,” dia berpromosi.

“Biasanya kita ramai pembeli di hari Minggu, hari lainnya agak sepi namun dalam sehari kita bisa menjual dengan total Rp 100 – 200 ribu,” pungkas dia. (faratiti dewi/UTM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO