Senin, 13 Juli 2020 03:08

Festival Benteng Kadipaten Purwodadi di Magetan, Tampilkan Rekam Sejarah Pangeran Diponegoro

Rabu, 31 Agustus 2016 22:22 WIB
Festival Benteng Kadipaten Purwodadi di Magetan, Tampilkan Rekam Sejarah Pangeran Diponegoro

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Kirab Gunungan sebagai rangkaian Festival Benteng Kadipaten Purwodadi, di Lapangan Desa Purwodadi, Kecamatan Barat Kabupaten Magetan berlangsung meriah. Rangkaian kirab ini sudah berlangsung sejak tanggal 27 Agustus lalu dan berakhir Kamis (31/8).

Masyarakat dari berbagai golongan, wilayah, pemerintahan dan segenap undangan memadati lokasi Benteng untuk melaksanakan kirab gunungan memutari kawasan benteng. Kirab dilakukan dengan ritual tradisional oleh ndalem dan warga Purwodadi seperti kirab-kirab keraton. Musik tradisional, drumband, tari-tarian dan kesenian reog turut memeriahkan acara.

Masyarakat tampak sangat antusias berebut tumpeng dan arak-arakan gunungan. Tradisi ini dipercaya sebagai upaya ngalap berkah dari sajian tumpeng gunungan.

Rangkaian acara pada festival itu terdiri dari berbagai lomba permainan tradisional, berbagai kesenian rakyat seperti karawitan, campursari, reog ponorogo, seni ketoprak, seni wayang Diponegaran, berikut dimeriahkan penampilan siswa-siswa PAUD/TK, SLTP hingga SLTA se-kecamatan Barat, jalan santai serta pada puncak acara Kirab Gunungan, Kirab Pusaka Laku Bisu dan Ledug Magetan.

Raden Nganten Suci Minarni, kepala desa Purwodadi serta salah satu keturunan Diponegoro mengatakan, festival ini merupakan tahun kedua sejak diadakannya Festival Benteng Kadipaten Purwodadi.

“Awal dari ide festival ide karena penelusuran situs-situs sejarah oleh komunitas dan penelusuran trah pangeran Diponegoro oleh keluarga ndalem. Tahun ini merupakan tahun kedua,” kata Suci.

Masih menurut Suci, acara ini juga bentuk dari ngeluri sejarah dan budaya yang ada di Purwodadi.

“Kami ingin memperkenalkan bahwa di Purwodadi ini ada aset bersejarah dari anak Pangeran Diponegoro yakni Pangeran Dipokusumo,”terang dia.

Suci berharap kepada Pemerintah Kabupaten Magetan untuk membantu pelaksaan dan terwujudnya desa Purwodadi sebagai desa wisata. Acara ini akan dihadiri oleh keluarga Sri Sultan Hamengkubuwono X Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat beserta Peter Carey, sejarawan penulis buku 'Diponegoro', perjalanan karirnya dihabiskan untuk meneliti dan menulis sejarah Pangeran Diponegoro. (dew/ns) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...