Selasa, 15 Juni 2021 05:22

Aparat Hentikan 6 Truk dari Bali, Angkut 166 Sapi Tanpa Dokumen Resmi

Kamis, 25 Agustus 2016 20:46 WIB
Aparat Hentikan 6 Truk dari Bali, Angkut 166 Sapi Tanpa Dokumen Resmi
Salah satu truk pengangkut sapi yang dihentikan polisi.? foto: BANGSAONLINE

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Enam unit truk yang mengangkut 166 ekor sapi asal Pulau Dewata dihentikan aparat Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi (KPT) yang sedang melakukan operasi Tiada Hari Tanpa Razia (THTR) di Pelabuhan Landing Craft Mesin (LCM) Ketapang.

Kendaraan pengangkut ternak itu dilarang meneruskan perjalanan karena tidak dilengkapi dokumen. Para sopir kendaraan serta barang muatannya kemudian dibawa menuju Balai Karantina Hewan Ketapang.

Identitas para sopir itu masing-masing Laurentius, Yanto, Sugiyarto, Esron Manutur, Roesanto dan Setyo Wijayanto. Saat diamankan petugas KPT, Laurentius yang mengendarai truk nopol B 9258 IN tengah mengangkut 31 ekor sapi. Sedangkan Yanto membawa 27 ekor menggunakan truk B 9807 XQ. Selanjutnya, ada 24 ekor sapi berada dalam truk bernomer polisi DK 9543 A yang dikemudikan Sugiyarto. Dan, 31 ekor hewan serupa di atas truk berplat nomer B 9287 PIN yang disopiri Esron Manutur.

Pemeriksaan aparat juga mendapati Roesanto mengangkut 30 ekor sapi menggunakan truk nopol DK 9565 BB. Terakhir, kendaraan berbadan lebar dengan nomer polisi DK 9578 AB yang dibawa Setyo Wijayanto ditemukan 23 ekor sapi. Total sapi yang diangkut 6 unit truk itu berjumlah 166 ekor.

BACA JUGA : 

Bercinta Satu Malam dengan Gadis di Bawah Umur, Pemuda di Banyuwangi ini Ditangkap Polisi

Cemburu Buta, ​Suami di Banyuwangi Bacok Istri Siri dengan Parang

Penyelundupan 20 Paket Sabu di Dalam Bola Tenis Digagalkan Lapas Banyuwangi

Usai Buron Empat Bulan, Ayah yang Tega Setubuhi Putrinya Hingga Hamil Akhirnya Ditangkap

Hasil koordinasi antara petugas KPT dan Balai Karantina Hewan Ketapang akhirnya memutuskan untuk memulangkan kembali ternak tersebut ke daerah asalnya. Penegasan ini diungkapkan Kapolsek KPT AKP Sudarmaji, Kamis (25/8).

Proses pemulangan dilakukan usai diterbitkan berita acara penolakkan yang dikeluarkan Balai Karantina Hewan Ketapang.

“Seluruh sapi sudah dilayar kembali ke Bali menggunakan KMP Karya Maritim II. Proses penyeberangan berlangsung di Dermaga I Pelabuhan LCM Ketapang,” urai.AKP Sudarmaji.

Pengembalian itu tidak hanya berlaku pada ternak. Truk dan para sopir juga harus kembali ke Pulau Dewata guna melengkapi dokumen yang dianjurkan. Menurut AKP Sudarmaji, 166 ekor sapi itu hendak dikirim untuk menyuplai ketersediaan hewan kurban di Tanah Jawa yang sebentar lagi tiba.

“Sopir, truk, dan ternaknya tidak ada yang ditahan. Semua dilayar kembali ke Bali. Muatan itu akan diperbolehkan melintasi Pelabuhan Ketapang setelah dokumennya lengkap. Proses pemulangan diawasi langsung oleh petugas Balai Karantina Hewan Ketapang dan aparat KPT,” tegas perwira menengah yang pernah bertugas di Timor-Timur. (bwi1/dur/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...