Sosialisasikan Perilaku Hidup Sehat, Ansor Situbondo Programkan "Situbondo Tuntas Jamban"

Sosialisasikan Perilaku Hidup Sehat, Ansor Situbondo Programkan "Situbondo Tuntas Jamban" PC Ansor Situbondo saat sosialisasikan Situbondo tuntas jamban. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Gerakan Pemuda (GP) melakukan sosialisasi perilaku hidup sehat dengan program Situbondo tuntas jamban, agar masyarakat tidak buang air besar (BAB) sembarangan di sekitar lingkungan tempat tinggalnya.

Berbagai elemen masyarakat dilibatkan dalam sosialisasi program Situbondo tuntas jamban, yang digelar di Aula lantai dua kantor NU Situbondo. Mulai dari organisasi masyarakat, tokoh masyarakat, media dan seluruh Kepala Desa di 17 Kecamatan di Situbondo.

"Saya berharap melalui sosialisasi ini, warga terutama warga miskin mempunyai jamban di lingkungannya masing-masing, supaya kalau buang air besar tidak sembarangan," kata ketua PC GP , Yogi Kripsian Sah.

Ia melanjutkan, bahwa kegiatan yang dilakukan ini juga dalam rangka mengawal persamaan persepsi dan Pemahaman tentang Program Situbondo Tuntas Jamban serta pencapaian Universal Akses Sanitasi tahun 2019, yang sudah menjadi intruksi bupati no 1 tahun 2015 tentang gerakan Situbondo Tuntas Jamban.

"Program pak Bupati dan Wabup pada tahun 2019 di Kabupaten Situbondo seluruhnya sudah tuntas jamban, kita kawal dan advokasi program ini, supaya program ini benar-benar terealisasi," papar Yogi

Menurutnya, saat ini GP di samping fokus pada program-program internal seperti kaderisasi dan penguatan ekonomi kader, juga ingin mengawal program-program pemerintah yang pro terhadap rakyat miskin, salah satunya adalah program tuntas jamban ini.

"Bagi Ansor, hidup bersih dan sehat merupakan anjuran agama, bahwa kebersihan itu adalah sebagian dari iman," tandas Yogi.

"Kami berharap program ini mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat, mengingat sampai saat ini masih banyak warga yang BAB di sungai, sawah dan kebun," pungkasnya. (stb1/had/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO