Pengunjung Wisata Gua Akbar Kian Menurun

Pengunjung Wisata Gua Akbar Kian Menurun Tampak dari depan wisata Gua Akbar yang berada di kompleks Pasar Baru Tuban. foto:

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Jumlah pengunjung wisata Gua Akbar yang berada di kompleks Pasar Baru Tuban di Kelurahan Gedungombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban semakin menurun.

Hal ini berdasarkan data dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) tempat rekreasi Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban. Terhitung pada pertengahan tahun ini penurunan mencapai 10 persen bila dibanding tahun sebelumnya.

“Penurunan ini dikarena berbagai faktor, salah satunya mulai banyaknya obyek wisata buatan di berbagai daerah,” terang Kepala UPTD Tempat Rekreasi Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban, Heru Trijatmiko, Sabtu (23/7).

Ia membeberkan, wisata yang tidak ada hiburan tambahan seperti wahana permaian anak-anak atau yang lainnya cenderung sepi. Berbeda dengan obyek wisata yang ada hiburannya, biasanya pengunjung akan masuk berulang kali.

“Kalau obyek wisata gua ini, pengunjung masuk sekali kemudian rata-rata tidak kembali lagi,” tambahnya.

Heru menerangkan, untuk tiket harganya cukup terjangkau. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya karcis sebesar Rp 4.700. Namun, seiring banyaknya wahana wisata lain, pengunjungnya terus menurun.

Kendati demikian, wisata gua akbar ini pernah mengalami puncak keramaiannya. Tepatnya pada 1989. Pada tahun itu gua akbar baru ditemukan dan baru dibuka sebagi tempat wisata.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO