Berobat Bisa di Kampung Halaman, BPJS Kesehatan Imbau Warga Selalu Bawa Kartu JKN dan KIS

Berobat Bisa di Kampung Halaman, BPJS Kesehatan Imbau Warga Selalu Bawa Kartu JKN dan KIS Kepala BPJS Sidoarjo, dr. Dwi Hesti Yuniarti (tengah) beserta Kepala Dinkes dan RSUD Sidoarjo serta perwakilan masing-masing Instansi Rumah Sakit yang ditunjuk saat melakukan jumpa pers. foto: NANANG I/ BANGSAONLINE

SIDOARJO BANGSAONLINE.com - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Sidoarjo, dr. Dwi Hesti Yuniarti mengimbau bagi pemudik dari maupun luar Kota Sidoarjo yang memiliki kartu JKN dan KIS agar selalu dibawa, Rabu (29/6).

Pasalnya, pihak BPJS Kesehatan memberikan pelayanan khusus bagi peserta JKN dan KIS yang ingin berobat di luar daerah tanpa harus melaporkan dulu ke kantor cabang BPJS setempat.

"Iya, bagi peserta JKN-KIS yang ingin berobat langsung bisa ke fasilitas kesehatan (faskes) terdekat yang sudah ditunjuk oleh BPJS setempat, atau Posko mudik dari BPJS yang berada di terminal Bungurasih," ujar Hesti saat jumpa pers yang dilaksanakan di Kantor BPJS Cabang Sidoarjo, jalan pahlawan Sidoarjo.

Untuk prosedur, sambung Hesti, peserta hanya menunjukkan kartu JKN-KIS yang sudah terbayar hingga bulan Juni 2016 dan menunjukkan KTP ke rumah sakit yang ditunjuk oleh BPJS setempat. "Dan langsung bisa diproses, tanpa biaya apapun," ujarnya.

Hanya saja, jika peserta BPJS Kesehatan belum melakukan pembayaran hingga bulan Juni, bisa berobat di Fasilitas Kesehatan yang ditunjuk BPJS setempat. "Tetapi, langsung bayar di tempat itu," ungkapnya.

Menurut Hesti, Pelayanan mulai diberlakukan mulai H-7 dan H+7, pada hari raya Idul Fitri 2016. "Mulai besok berlaku," ungkapnya. Untuk wilayah Sidoarjo, pihaknya menunjuk 9 Rumah Sakit yang memiliki fasikitas IGD. (nni/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO