Kapal Mudik Gratis di Sumenep Sepi Penumpang

Kapal Mudik Gratis di Sumenep Sepi Penumpang Warga saat menaiki kapal mudik gratis di pelabuhan Kalianget. foto: RAHMATULLAH/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Kapal angkutan mudik gratis rute Kepulauan Kangean untuk hari pertama ini sepi peminat. Suasana dalam kapal terlihat lengang, hanya sedikit masyarakat yang memanfaatkan kapal mudik gratis itu.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, Moh. Fadilah, memaparkan biasanya penumpang akan membludak jika sudah benar-benar mendekati hari lebaran. Kapal tidak akan lengang seperti saat ini, tapi akan penuh dengan penumpang.

“Mungkin nanti kalau sudah dekat lebaran, kapal bantuan dari Pemprov Jatim ini akan banyak,” terang Fadilah, Rabu (29/6).

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, tutur Fadilah, biasanya penumpang akan membludak tiga kali lipat dari biasanya. Tapi dia mengaku tidak khawatir jika nanti penumpang akan membludak seperti yang diprediksi, sebab kapal barang yang sudah dimodif pengangkut orang itu bisa membawa penumpang sebanyak 500 orang.

“Jadi hari ini berangkat dari Kalianget menuju Pulau Kangean, maka besok kembali dari Pulau Kangean ke Pelabuhan Kalianget,” terangnya.

Hari pertama mudik gratis dengan memakai kapal Catherine. S itu hanya mengangkut 125 penumpang, sehingga banyak tempat duduk di dalam kapal mubadzir.

Program angkutan mudik gratis ini digelar tiap tahun. Untuk tahun ini melayani rute Kalianget-Kangean, Tanjung Wangi-Sapeken, dan Surabaya-Masalembu dimulai tanggal 29 Juni hingga 11 Juli mendatang. Angkutan mudik gratis itu akan beroperasi setiap hari dengan cara bergiliran sesuai rute yang telah ditentukan. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO