Pemudik di Sumenep Sebut Kapal Mudik Gratis seperti Kandang Ayam

Pemudik di Sumenep Sebut Kapal Mudik Gratis seperti Kandang Ayam Kapal DBS I di Pelabuhan Kalianget. foto: RAHMATULLAH/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Kapal DSB I yang disediakan pemerintah untuk program mudik rute Pulau Kangean dikeluhkan pemudik. Kualitas kapal yang disediakan sangat jauh dari harapan. Pemudik merasa tidak nyaman berada di atas kapal tersebut.

Seperti yang diutarakan pemudik asal Kangean, Rahman. Ia menybut kapal yang ditumpangi sangat mengecewakan. Katanya, di kapal itu seperti tidak ada bedanya antara manusia dengan barang.

”Mirip kandang ayam saja. Pengapnya makin sempurna dicampur hawa panas,” keluhnya, Jum’at (24/6).

Menurut Rahman, armada yang dinilai tidak layak pakai itu sebenarnya tidak hanya dijumpai saat ini. Tahun-tahun sebelumnya juga demikian. Padahal warga kepulauan berharap ada perubahan armada yang lebih layak.

“Kami butuh perhatian penuh dari pemerintah. Warga pulau yang akan menumpang kapal terdiri dari santri, mahasiswa, dan wiraswasta. Kami butuh armada kapal yang layak ditumpangi,” pintanya.

Sebelumnya diberitakan, Kabid Perhubungan Laut dan Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumenep, M. Choironi Argoto, berujar bahwa untuk mengantipasi terlantarnya pemudik, pemerintah sudah menyiapkan beberapa armada kapal, baik reguler maupun kapal mudik gratis Pemprov Jatim. Selain itu, Pemkab Sumenep sendiri juga menyediakan kapal mudik gratis. Sementara jumlah armada dari pelabuhan Jangkar (Situbondo) ke Ra’as juga akan ditambah untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Menurutnya, untuk jalur Jangkar – Ra’as juga akan ada penambahan armada lain. Kata Argoto, ada tokoh masyarakat yang ingin menyewa kapal cepat untuk rute tersebut. Saat ini tokoh tersebut sedang mengurus izin.

“Semoga pemudik terlayani maksimal,” tutupnya. (mat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO