​Pilpres AS Seru, Semua Calon Presiden yang Lolos Berusia 70 Tahun

​Pilpres AS Seru, Semua Calon Presiden yang Lolos Berusia 70 Tahun Persaingan sengit Donald Trump dan Hillary Clinton (reuters.com)/viva.co.id

LONDON, BANGSAONLINE.com - Tampaknya era kepemimpinan berdasarkan usia mulai bergeser di (AS). Jika pada pemilihan presiden sebelumnya didominasi usia muda, kini justeru sebaliknya. Para kandidat presiden AS kini berusia tua.

Mereka adalah Donald Trump yang semakin dekat dengan nominasi Partai Republik. Begitu juga Hillary Clinton dan Bernie Sanders dari Partai Demokrat. Memang Hillary Clinton masih harus berjuang hingga akhir, setelah Sanders memenangkan suara di Negara Bagian Indiana. Namun tiga orang inilah yang bakal jadi kandidat presiden AS.

Menurut situsBBC, Kamis 5 Mei 2016, ada hal menarik dari pemilihan presiden (pilpres) AS pada tahun ini. Apa pun yang terjadi, hasilnya akan mencetak bersejarah bagi negeri Paman Sam.

*) Presiden berusia senja

Ketika Barack Obama untuk pertama kali terpilih menjadi Presiden AS pada 20 Januari 2009, saat itu dirinya berusia 47 tahun. Ia adalah Presiden AS kelima termuda dalam sejarah. Theodore Roosevelt adalah presiden termuda dengan usia 42 tahun 322 hari.

Tahun ini, ketiga bakal calon Presiden AS rata-rata usianya di atas 65 tahun. Artinya, mereka telah memasuki usia senja. Bernie Sanders akan berusia 75 tahun, jika ia terpilih menjadi Presiden AS pada 20 Januari 2017.

Lebih tua enam tahun dari Presiden AS sebelumnya, yang mencetak rekor menjadi presiden tertua, Ronald Reagan. Lalu, Donald Trump. Jika terpilih, ia akan berusia 71 tahun yang ulang tahunnya jatuh pada 14 Juni.

Sementara itu, satu-satunya kandidat Presiden AS wanita, Hillary Clinton, akan berusia 70 tahun jika terpilih menjadi "penghuni" berikutnya Gedung Putih.

*) "Orang" New York diunggulkan

Trump bakal berhadapan dengan Hillary. Jika benar skenario ini terjadi, akan menjadi "pertarungan" calon presiden pertama sesama warga New York, sejak 1944, di mana saat itu Gubernur New York, Thomas E. Dewey melawan presiden petahana, Franklin Delano Roosevelt.

Sumber: viva.co.id

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO