Korupsi Rp 1 Triliun, Tangan Ketua DPRD Diborgol

Korupsi Rp 1 Triliun, Tangan Ketua DPRD Diborgol Dahlan Iskan. Foto: dok pribadi

OHIO, BANGSAONLINE.com Power tends to corrupt, and absolut power corrupts abosulutely. Kekuasaan cenderung korup, dan kekuasaan absolut pasti korup.

Ternyata postulat politik Lord Acton, sejarawan Inggris, itu tetap relevan dan terjadi di mana-mana. Termasuk di negara champion demokrasi sekalipun: .

Setidaknya, itulah yang terjadi pada Larry Householder. Dari Partai Republik.

Tapi apa bedanya penanganan hukum terhadap ketua DPRD di Oiho AS yang korupsi dengan di Indonesia?

Nah, itu yang penting Anda ketahui. Karena bedanya antara langit dan sumur. Simak saja tulisan wartawan kawakan Dahlan Iskan di BANGSAONLINE di bawah ini:

PENGANTAR REDAKSI BANGSAONLINE

KETUA DPRD ini diborgol di depan istri dan anak-anaknya. Kamis lalu. Dibawa ke penjara federal. Hari itu ia dijatuhi hukuman 20 tahun.

Kejahatannya: membidani keputusan lahirnya Perda No 6 tahun 2019. Yakni sebelum satu tahun ia menjabat ketua DPRD kali kedua.

Perda itu sendiri bisa disahkan karena ada gizi sebesar USD 60 juta di baliknya. Setara dengan rupiah 1 triliun. Inilah, kata media di sana, Perda terburuk sepanjang sejarah.

Ini juga dianggap sebagai korupsi terbesar yang pernah terjadi di Ohio.

Sebagai orang yang pernah belajar tentang koran daerah di Ohio, saya tahu ada swasta di sana: Corp. Di Amerika memang tidak ada negara. memiliki 3.500 MW pembangkit listrik. Tapi juga membawahkan pembangkit listrik milik perusahaan lain. Total kapasitasnya menjadi 16.000 MW. Termasuk yang nuklir dan batu bara.

Ia juga punya jaringan transmisi sekitar 35.000 km. Ia mengalirkan listrik ke negara- di timur Ohio: Pennsylvania, Virginia, Virginia Barat, Maryland sampai ke New York. Ia bersaing dengan swasta lainnya di daerah-daerah itu.

Jumlah nya 6 juta –kalah jauh dengan PLN yang punya pelanggan 85 juta. Karyawannya 12.000 orang.

menjadi perusahaan besar. Ia masuk daftar 500 perusahaan terbesar Amerika –nomor 219 di majalah Fortune.

Perusahaan ini rugi.

Tapi harus bertahan. Tarif listrik harus naik. Pembangkit listriknya harus mendapat subsidi. Baik yang nuklir maupun yang batu bara.

Ia perlu didukung Perda. Artinya: perlu kerja sama dengan DPRD Ohio.

Kantor pusat memang di Ohio. Tepatnya di kota kecil Akron. Tidak jauh di selatan Cleveland. Kalau Anda naik mobil dari Cleveland ke arah Pittsburgh tengoklah ke kanan. Di situlah pula pembangkit nuklirnya.

Ia perlu dana USD 1,3 miliar. Agar perusahaan tetap bisa melayani listrik konsumen. Ada tokoh politik lokal yang bisa diandalkan: Larry Householder. Dari Partai Republik.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO