Hasil UKG, Tuban Peringkat 18 se-Jatim

Hasil UKG, Tuban Peringkat 18 se-Jatim

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Capaian cukup membagakan diterima Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban. Menurut hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilaksanakan pada akhir tahun 2015 kemarin, UKG Kabupaten Tuban berada di peringkat 18 dari 38 Kabupaten dan Kota di seluruh Provinsi Jawa Timur.

Pencapaian tersebut jauh lebik baik dari hasil UKG yang diperoleh Kabupaten tetangga, yakni Lamongan dan Bojonegoro yang masing-masing berada di peringkat 27 dan 28.

"Hasil pencapaian UKG di tahun ini tergolong baik, karena nilai rataan yang dicapai melebihi nilai rataan dari Provinsi dan Nasional," Kata Kabid Ketenaga Kerjaan Disdikpora Tuban, Saiful Huda, kepada bangsaonline.com. Minggu (24/04).

Ia menjelaskan, merujuk data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud) yang diterima Disdikpora Tuban, rataan UKG setempat mencapai 61,19 persen. Hasil tersebut berada di atas rata-rata Provinsi Jatim sebesar 60,75 persen dan standar UKG Nasional sebesar 55 persen.

Saiful menambahkan, hasil baik pada UKG kali ini tak terlepas dengan adanya Pusat Belajar Guru (PBG). Peran aktif guru dalam mengembangkan metode pembelajaran di sekolah juga mendukung perolehan hasil UKG ini. Sehingga, banyak guru di Tuban mempunyai kemampuan yang sesuai klasifikasi standar kompetisi UKG Nasional.

"Kami harapkan pencapaian UKG pada tahun ini, paling tidak minimal bisa di pertahankan, terlebih bisa di tingkatkan. Sehingga perolehan peringkat UKG Tuban di Provinsi Jatim, bisa meningkat dan menjadi lebih baik lagi," pungkas Saiful Huda. (tbn1/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO