Jumat, 14 Agustus 2020 21:39

Ganti Rezim, KPK Belum Berani Panggil Ibas soal Hambalang, Pihak Nazaruddin Pastikan Terlibat

Jumat, 25 Maret 2016 23:52 WIB
Ganti Rezim, KPK Belum Berani Panggil Ibas soal Hambalang, Pihak Nazaruddin Pastikan Terlibat
Edhie Baskoro Yudhoyono.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Nama Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas berkali-kali disebut dalam kasus korupsi Hambalang sejak kasus itu mencuat. Namun, KPK tak pernah sekalipun melakukan pemanggilan terhadap Ibas.

Padahal, biasanya KPK bakal memeriksa orang yang namanya disebut dalam pusaran korupsi untuk dimintai keterangan. Namun kebiasaan itu ternyata tak berlaku untuk putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Banyak yang bilang KPK tak berani mengusik Ibas karena saat itu SBY seorang presiden. KPK dinilai ciut.

Rezim pun berganti. SBY tak lagi jadi presiden dan para pimpinan KPK juga berganti lantaran habis masa baktinya. Namun, hingga kemarin KPK masih tak berani memanggil Ibas. "Iya kan prosesnya masih lanjut, nanti kita akan tindak lanjuti," kata Ketua KPK Agus Rahardjo.

Agus enggan berkomentar lebih jauh lagi saat dicecar kemungkinan putra Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu akan dipanggil KPK atau tidak. "Iya nanti saja," pungkasnya.

Sementara Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin saat menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta tidak berkomentar soal keterlibatan Ibas. Dalam sidang dengan agenda mendengarkan keterangan saksi dalam kasus dugaan suap untuk memuluskan proyek untuk PT Duta Graha Indonesia dan PT Nindya Karya itu, Nazaruddin tidak banyak berkomentar meski Ibas sebelumnya diungkap mantan anggota DPR dari Partai Demokrat, Angelina Sondakh. Saat dicecar wartawan, sahabat Anas Urbaningrum ini cuma melempar senyum sambil terlihat meringis menahan sakit di bagian perut.

Sementara itu, kuasa hukum Nazaruddin, Elza Syarief mengungkapkan, keterlibatan 'Pangeran' Ibas dan 'Ketua' Anas Urbaningrum dalam kasus tersebut adalah nyata. Menurut Elza, selain untuk memuluskan jalan Anas yang saat itu berniat mencalonkan diri sebagai presiden di Pilpres 2014, aliran dana dari proyek Nazar juga untuk kepentingan Partai Demokrat.

"Kalau saya dengar dari Pak Nazar sih demikian (ada keterlibatan Ibas). Selain untuk kegiatan Anas dalam rangka waktu itu mau mencalonkan presiden, juga untuk kepentingan partai (Demokrat)," kata Elza.

Dalam persidangan sebelumnya, Angelina Sondakh membeberkan pernah didesak memuluskan sejumlah proyek Nazaruddin. Saat itu Nazaruddin mengaku proyek-proyek tersebut sudah disetujui oleh 'Pangeran' dan 'Ketua'. Pangeran diketahui sebutan untuk Ibas. Sedangkan 'Ketua' sebutan untuk Anas Urbaningrum.

"Kalau Pak Nazar bilang itu perintah Ketua Umum, Anas (Urbaningrum), dan izin dari pangeran (Ibas)," kata Angie. (mer/yah/lan)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 12 Agustus 2020 20:53 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Mengantisipasi lonjakan penumpang saat libur panjang sekaligus meningkatkan bentuk pelayanan, KAI Daop 7 Madiun akan mengoperasikan dua KA Brantas, yakni KA 117 dan KA 118 relasi Blitar-Pasar Senen.Manajer Humas PT KAI Dao...
Kamis, 13 Agustus 2020 16:50 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo---Ketika HARIAN BANGSA mengontak untuk membahas pilkada 9 Desember 2020, saya sedang bersungguh-sungguh untuk menyuguhkan argumentasi mengenai krisis pangan yang akan mengancam, apabila negeri ini tidak mampu membang...
Kamis, 13 Agustus 2020 09:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...