Tumbangkan Puan dan Ibas, Caleg Pengeritik Jokowi Raih Suara Tertinggi se-Indonesia

Tumbangkan Puan dan Ibas, Caleg Pengeritik Jokowi Raih Suara Tertinggi se-Indonesia Said Abdullah. Foto: Istimewa

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Rekor dan sebagai caleg peraih suara terbanyak kali ini tumbang. Putri dan putra mantan presiden itu kalah dengan , caleg PDIP asal Sumenep Madura yang pada pemilu 2024 ini meraih 529.792 suara.

adalah caleg incumbent yang dikenal sebagai salah satu tokoh pengeritik keras Presiden Jokowi. Ia dipercaya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai Pj Ketua DPD PDIP Jawa Timur, menggantikan Kusnadi.   

maju dari Dapil Jawa Timur XI untuk DPR RI yang meliputi Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan.

Dilansir Tribunnews.com, yang pernah menjadi Calon Wakil Gubernur Jawa Timur itu di Bangkalan meraih 58.539 suara, Sampang 173.381, Pamekasan 26.377, dan Sumenep 271.495.

Sementara yang akrab dipanggil meraih 318.223 suara. maju dari daerah kelahiran ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yaitu Kabupaten Pacitan yang merupakan bagian dari Dapil VII Jawa Timur. Selain Pacitan, Dapil Jatim VII terdiri dari Trenggalek, Ponorogo, Magetan, dan Ngawi.

Otomatis, , seperti dilansir detik.com, menyumbang suara cukup besar untuk Demokrat. Total suara partai dan caleg Demokrat mencapai 476.618 suara.

Beberapa caleg incumbent tumbang di Dapil Jatim VII itu antara lain Multazam, caleg PKB dan Johan Budi, caleg PDIP yang dikenal sebagai mantan juru bicara KPK dan Staf Khusus Presiden.

Lalu berapa perolehan suara Puan Mahawani? Putri Megawati Soekarno Putri itu memperoleh 297.366 suara. Suara Puan terbesar di Jawa Tengah. Puan maju dari Dapil Jateng VI, meliputi Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta.

Namun perolehran suara Puan pada pemilu 2024 ini turun jauh dibanding pada pemilu 2019. Saat itu Puan meraih 404.034 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO