Rabu, 08 Juli 2020 08:31

Harus Manusiawi, Relokasi PKL di Taman Bunga Sumenep

Rabu, 09 Maret 2016 16:38 WIB
Editor: abdurrahman ubaidah
Wartawan: rahmatullah
Harus Manusiawi, Relokasi PKL di Taman Bunga Sumenep
Salah satu PKL di Taman Bunga Sumenep sedang menunggu pembeli. foto: rahmatullah/ BANGSAONLINE

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Pedagang Kali Lima (PKL) di seputar Taman Adipura atau lebih dikenal Taman Bunga oleh masyarakat Sumenep dikabarkan akan direlokasi dalam waktu dekat. Rencana relokasi itu untuk mengembalikan fungsi Taman Bunga sebagai ruang terbuka hijau (RTH) yang selama ini terkesan kumuh.

Ketua Komisi II DPRD Sumenep, A. Fajar Hari Ponto, berharap Pemkab terlebih dahulu menyediakan tempat yang layak bagi mereka, sehingga relokasi itu tidak merugikan para PKL yang biasa mangkal di seputar Taman Bunga.

Jika tempat tidak layak dan mudah dijangkau, dikhawatirkan akan membunuh perekenomian para PKL. “Jangan buru-buru merelokasi jika tidak ada tempat yang representatif bagi mereka,” ujar Ponto, Rabu (9/3).

Setelah menemukan tempat, Ponto juga berharap pemkab memberikan pemahaman kepada para PKL, sehingga mereka bisa menerima rencana relokasi yang telah direncanakan. Dengan upaya itu, potensi adanya gejolak di kemudian hari sangat sedikit.

Lebih jauh Ponto memaparkan, pihaknya sependapat dengan rencana relokasi PKL itu. Katanya, area Taman Bunga selama ini tidak tertata yang mengakibatkan perwajahan Kota Sumenep sembrawut, padahal Taman Bunga merupakan salah satu lokasi yang ditetapkan sebagai kawasan Perkotaan.

”Kami ingin fungsi Taman Bunga dikembalikan kepada asalnya, yakni terbebas dari PKL,” tandas politisi partai Golkar Sumenep itu.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Hadi Soetarto menjelaskan pemerintah sedang mencari lokasi yang layak ditempati PKL. Tempat itu, kata pria yang akrab dipanggil Atok itu, mudah diakses oleh masyarakat umum, juga seramai Taman Bunga. Karena jika ditempatkan di tempat sepi dan jarang dilalui masyarakat, maka PKL tentu saja akan rugi.

“Jelas pertimbangan aspek perekonomian tetap kami pegang teguh. Kami tidak ingin para PKL mengalami kerugian,” ungkap mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sumenep itu.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...