Angka Buta Aksara di Sumenep Tinggi, Program KF Dinilai Sia-sia

Angka Buta Aksara di Sumenep Tinggi, Program KF Dinilai Sia-sia ilustrasi

SUMENEP, BANGSAONLINE.com – Sungguh mencengangkan. Angka buta aksara di Kabupaten masih tinggi, yakni sebanyak 64.850 orang yang tidak bisa baca tulis. Sebenarnya pemerintah setempat memiliki Program keaksaraan fungsional (KF) yang diharapkan bisa menekan angka aksara huruf itu. Namun rupanya program itu tidak bisa diharapkan mampu menjawab sepenuhnya persoalan tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten , A. Sadik, memaparkan di tahun anggaran ini dianggarkan lagi untuk kepentingan pemberantasan buta aksara itu. Nominalnya sebesar Rp 1,9 miliar. Selain itu, dia juga mengaku akan mencari dana ke pemerintah pusat untuk menekan angka buta aksara tersebut.

“Kalau program dari Pemerintah Provinsi dalam bentuk kejar paket, bukan untuk KF,” terang Sadik, Rabu (2/3).

Sadik mengklaim angka itu sedikit. Namun, dia yakin dalam kurun waktu lima tahun ke depan persoalan angka buta aksara di akan tuntas. Target tiap tahun adalah mengurangi angka sebesar 15 ribu, sehingga dalam lima tahun diyakini buta aksara tidak ditemukan lagi di kabupaten paling timur Madura ini.

“Dengan target mengurangi 15 ribu tiap tahun, kerja kami lebih ringan,” ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Komisi IV DPRD , A. Subaidi, menilai bahwa program pemberantasan buta aksara belum berjalan maksimal. Jika maksimal dilakukan, dia yakin angka buta aksara tidak setinggi saat ini. Oleh karenanya, dia menyarankan Disdik tidak melepas begitu saja penyelenggara setelah mendapatkan kepercayaan melaksanaan program KF. Ia meminta agar penyelenggara dievaluasi secara berkala, sehingga para lansia yang menjadi sasaran dari program itu benar-benar bisa baca tulis.

“Saya sarankan dikroscek ke lapangan. Silakan datangi tempat-tempat penyelenggara itu. Lakukan tes apakah para peserta yang diajari bisa baca tulis atau tidak. Dengan begitu, nanti ketahuan siapa yang hanya main-main dan siapa juga yang serius,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO