Mengejutkan, Dewanti Tak Lolos dalam Bursa Calon Wali Kota PDIP Batu

Mengejutkan, Dewanti Tak Lolos dalam Bursa Calon Wali Kota PDIP Batu Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, dan Istrinya, Dewanti Rumpoko

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Hasil seleksi calon wali kota Batu dari PDIP Kota Batu mengejutkan. Dewanti Rumpoko yang merupakan istri Wali Kota Batu saat ini, Edy Rumpoko, tak lolos dalam radar penjaringan PAC maupun DPC PDIP Kota Batu.

Padahal selama ini dia desebut-sebut sebagai kandidat kuat yang akan menggantikan posisi sang suami. Ketenaran Dewanti Rumpoko sendiri di Malang Raya sudah menjadi jaminan. Buktinya, dia nyaris mencundangi calon incumbent bupati Malang Rendra Kresna dalam pilkada lalu. Dia hanya kalah start dari Rendra dalam menaikkan elektabilitas, sehingga kalah dalam pilkada.

Tidak lolosnya Dewanti menjadikan bursa Wali Kota Batu bakal kian sengit. Dewanti hanya berharap pada penjaringan DPW PDIP saja agar bisa maju dalam Pilkada Kota Batu nanti. Jika tetap tidak lolos di DPD, Dewanti akan langsung lewat jalur DPP. Jika tetap tidak lolos, ada kemungkinan Dewanti bakal dilirik partai lain. Jika hal itu terjadi Pilkada Kota Batu akan sengit karena peluang masing-masing kandidat menjadi sama besar.

Simon Purwo Ali selaku Ketua Tim Lima DPC PDIP Kota Batu mengatakan, tidak masuknya nama Dewanti Rumpoko dalam penjaringan Wali Kota Batu tingkat PAC dan DPC diketahui setelah berakhirnya masa penjaringan internal pada 19 Februari 2016 lalu. Dikatakan Simon, ada empat calon dalam penjaringan tingkat PAC, yang diusulkan sebagai Cawali Kota Batu.

“Empat kandiat itu adalah Punjul Santoso, Sutiyo, Wito Argo, dan Kustomo,” terang Simon Purwo.

Sedangkan untuk penjaringan yang dilakukan oleh DPC PDIP Kota Batu hanya ada dua nama yang terjaring untuk diusulkan sebagai Cawali yakni Sutiyo dan Wito Argo. Selanjutnya untuk nama Cawawali dari jalur umum hingga hari ini baru ada dua nama yang mendaftar kepada tim lima DPC PDIP Kota Batu.

Meski nama Dewanti Rumpoko tidak masuk dalam penjaringan di tingkat PAC dan DPC, menurut Simon, bukan berarti tertutup kemungkinan Dewanti Rumpoko untuk bisa maju sebagai kandidat Wali Kota Batu. Karena masih ada penjaringan di tingkat DPD PDIP Jawa Timur untuk Cawali Kota Batu. Untuk penjaringan Bacawali di tingkat DPD PDIP Jatim bukan kewenangan DPC. “Jadi kami tidak tahu dan tidak bisa memprediksi soal nama bu Dewanti. Apakah akan maju lewat penjaringan DPD atau langsung ke DPP,”tambah Simon.

Sejauh ini, nama Dewanti Rumpoko banyak dijagokan untuk bisa menjadi Wali Kota Batu. Hal itu dimaksudkan agar roda pembangunan Kota Batu yang mengalami perkembangan cukup pesat di tangan suami Dewanti, Eddy Rumpoko selama hampir dua periode ini akan dapat dilanjutkan istrinya yakni Dewanti Rumpoko. (thu/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO