Gantikan Nusron, Gus Yakut Ketua Umum Ansor 2015-2020

Gantikan Nusron, Gus Yakut Ketua Umum Ansor 2015-2020 Nusron Wahid (kanan) dan Yaqut Cholil Choumas (kirin). foto: pikiran rakyat online.

YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Yaqut Cholil Coumas yang kini anggota DPR RI dari FKB terpilih menjadi Ketua Umum Gerakan Pemuda periode 2015-2020. Gus Tutut – panggilan Yaqut Cholil Copumas - terpilih secara aklamasi dalam Kongres XV GP di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, Sleman, Yogyakarta.

"Jika hanya ada calon tunggal, maka langsung ditetapkan secara aklamasi. Itu sesuai tata tertib pemilihan," ujar Nusron Wahid, Ketua Umum Demisioner, Jumat (27/11/2015).

Pria kelahiran Rembang pada 4 Januari 1975 ini mendapat dukungan 30 pimpinan wilayah GP dari total 31 pimpinan wilayah. Begitu juga 361 Pimpinan cabang dari 376 memberikan dukungan kepada saudara Yahya Staquf, Katib Am Syuriah PBNU di bawah kepemimpinan KH Said Aqil Siraj dan KH Ma’ruf Amin.

Yaqut mengatakan akan tetap fokus pada dakwah agama, memperkuat keutuhan bangsa dan kedaulatan, dan berkiprah pada ekonomi kerakyatan. Untuk aspek ekonomi kerakyatan, selama ini apa yang dilakukan kepengurusan sebelum sudah baik.

“Namun ke depan saya akan lebih menekankan pada permodalan. Sebab, selama ini sahabat-sahabat dalam mengembangkan ekonomi mereka bukan karena kemalasan atau mental keengganan berusaha namun akses permodalan,” tuturnya.

Karena itu, kata dia, akses permodalan ini yang akan menjadi agenda utama. Bahkan, dalam kongres kali ini sudah disepakati nota kesepahaman dengan beberapa lembaga pembiayaan dan OJK untuk akses permodalan. Selain itu dakwah Islam sebagai agama damai juga akan dilakukan tidak saja di dalam negeri juga sudah saatnya ke luar negeri.

Ia mengajak bersatu dan bersama-sama melakukan yang terbaik. Sehingga, bisa menyamai prestasi kepengurusan Nusron Wahid. "Lupakan semua friksi dan mari bersama-sama. Saya optimis dan yakin tak ada yang mustahil untuk capaian tertinggi," kata mereka.

Sebelum terpilih sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda periode 2015-2020, Yaqut Cholil Coumas menjabat Ketua Bidang Pimpinan Pusat GP

Ketua Pengurus Wilayah (PW) GP Provinsi Jawa Timur Rudi Tri Wahid menilai, dari beberapa calon ketua yang muncul, Gus Yaqut adalah kader paling berpengalaman dan dilahirkan dari proses kaderisasi yang benar. "Sudah menjadi arus besar dari kawan-kawan untuk mengusulkan Gus Yaqut, sekaligus mengedepankan semangat musyawarah mufakat," katanya.

Sumber: pikiran rakyat online/kompas.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO