Tim Rasiyo-Lucy Gelar Sayembara Cegah Money Politik

Tim Rasiyo-Lucy Gelar Sayembara Cegah Money Politik ilustrasi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya, Rasiyo-Lucy Kurniasari, bakal memberikan hadiah bagi warga Surabaya yang berhasil menemukan pelaku politik uang.

Sayembara tersebut berlaku sejak hari ini hingga proses pencoblosan pada tanggal 9 Desember 2015. "Kami memang mengadakan sayembara itu," kata Ketua Tim Pemenangan Rasiyo-Lucy Agung Nugroho, Selasa (24/11).

Hadiah yang disiapkan oleh Rasiyo-Lucy adalah uang sebesar Rp 10 Juta. Hadiah tersebut, kata Agung, untuk warga Surabaya yang berhasil menemukan praktek politik uang saat pemungutan suara pemilihan Wali Kota Surabaya.

"Uang total Rp 10 juta tersebut dengan rincian penemu pertama politik uang sebesar Rp 5 juta dan sebesar Rp 1 juta untuk lima orang penemu setelahnya. Jadi kami batasi enam orang penemu saja," katanya.

Untuk dapat meraih hadiah tersebut, warga yang menemukan praktek politik uang harus menyertakan beberapa bukti. Bukti-bukti tersebut dapat berupa video, foto maupun bukti lainnya yang menguatkan. "Jangan lupa juga harus ada saksinya," kata Agung.

Alasan tim Rasiyo-Lucy membuat sayembara tersebut adalah untuk mencegah adanya politik uang. Selain itu, Rasiyo-Lucy, kata Agung, berkomitmen untuk tidak melakukan politik uang. "Sayembara ini kami gelar karena Pilkada Surabaya rawan politik uang," ujarnya.

Agung berharap dengan adanya sayembara tersebut dapat menghilangkan adanya politik uang. Selain itu juga untuk menjaga Pilwali Surabaya agar bersih dari kecurangan. "Saya mengajak bersaing secara fair tanpa adanya permainan kotor, mari kita jaga sama-sama," ujarnya.

Rasiyo-Lucy diusung oleh partai koalisi Parti Demokrat dan Partai Amanat Nasional. Rasiyo-Lucy menjadi penantang pasangan inkumben Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana yang diusung oleh PDI Perjuangan. (lan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO