Panwaslu Surabaya Lantik 3.936 Pengawas PPS

Panwaslu Surabaya Lantik 3.936 Pengawas PPS Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Surabaya, M. Safwan. foto: maulana/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Surabaya melantik sebanyak 3.936 Pengawas Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Taman Surya, Jumat (20/11). Pengawas PPS yang hampir seluruhnya berstatus mahasiswa dan pelajar ini akan bertugas mengawasi kinerja panitia yang bertugas saat pemungutan suara berlangsung.

“Misalkan nanti ada salah satu saksi paslon yang protes, nantinya pengawas PPS bisa memberikan keputusan sebagai solusi. Jadi permasalahan bisa diselesaikan di tingkat bawah dari awal,” kata Divisi Hukum dan Penindakan Panwaslu Surabaya, M. Safwan ketika dikonfirmasi di Taman Surya sebelum melantik Pengawas PPS.

Lebih lanjut, M. Safwan mengatakan pelantikan pengawas PPS ini didominasi oleh mahasiswa dan pemilih pemula. Selain memang diharapkan memiliki integritas, keterlibatan generasi muda dalam penyelenggaraan pemilu diharapkan turut mensukseskan jumlah pemilih yang datang sesuai target.

“Target kita 60 persen pemilih hadir untuk memberikan suaranya dalam Pilkada Surabaya. Karena itu keterlibatan pemilih pemula ini dalam penyelenggaraan bisa menjadi pemicunya,” katanya.

Sementara itu, terkait pembekalan dan kualitas yang dimiliki petugas PPS, Safwan mengatakan nantinya setelah dilantik, mereka akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan diklat. Untuk itu pihaknya selalu merasa optimis jika pengawas PPS nantinya dapat menjalankan tugasnya dengan baik di lapangan.

“Kita harus optimis mereka sangup melaksanakan tugasnya. Tentunya setelah ini (pelantikan) mereka akan mendapat pelatihan sesuai dengan tugasnya di lapangan,” tambahnya. (lan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO