Selasa, 15 Juni 2021 05:24

Sidang Gugatan Kasus DPT Tuntut Rp 10 Miliar di Banyuwangi: Bupati dan KPU tak Hadir

Jumat, 20 November 2015 01:16 WIB
Sidang Gugatan Kasus DPT Tuntut Rp 10 Miliar di Banyuwangi: Bupati dan KPU tak Hadir
SIDANG PERDANA: Sidang perdana gugatan terkait tak dicantumkan nama dalam DPT Pilkada Banyuwangi, Rabu (18/11). foto: detik

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Sidang perdana gugatan terhadap KPU Banyuwangi, yang diajukan warga bernama Amrullah, karena namanya tak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilkada 2015, digelar, Rabu (18/11) lalu. Namun sidang ditunda pekan depan, karena KPU Banyuwangi dan Bupati Banyuwangi selaku tergugat satu dan dua tidak hadir.

Amrullah menggugat KPU, Bupati dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) sebesar Rp 10 miliar. Sidang yang dipimpin Hakim Ketua Putu Endro Sonata itu, penggugat didampingi 4 kuasa hukumnya hadir lebih awal. Sementara tergugat satu dan dua dalam hal ini KPU dan Bupati Banyuwangi, tak hadir dalam sidang tersebut. Hanya tergugat tiga (Dispendukcapil) diwakili kuasa hukumnya, Oesnawi.

"Karena tak dihadiri tergugat satu dan dua, maka sidang ditunda pekan depan. Sidang dilanjutkan tanggal 25 November," kata Putu Endro.

Sementara kepada wartawan, Amrullah mengaku kecewa karena KPU dan Bupati Banyuwangi tak hadir dalam persidangan perdana ini. Ini mengakibatkan molornya jadwal sidang yang seharusnya cepat digelar."Ini menunjukkan mereka tak taat hukum. Khususnya KPU," ujarnya dikutip dari detik.com.

BACA JUGA : 

Bercinta Satu Malam dengan Gadis di Bawah Umur, Pemuda di Banyuwangi ini Ditangkap Polisi

Cemburu Buta, ​Suami di Banyuwangi Bacok Istri Siri dengan Parang

Usai Buron Empat Bulan, Ayah yang Tega Setubuhi Putrinya Hingga Hamil Akhirnya Ditangkap

Penggerebekan Pabrik Senjata Api Ilegal di Banyuwangi, Pelaku Belajar Autodidak dari Internet

Dalam gugatannya, Amrullah menjelaskan, sesuai dengan Peraturan KPU No 4 Tahun 2015 tentang Pemutakhiran Data dan DPT Pemilihan Kepala Daerah, warga yang memiliki hak suara harus telah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Berikutnya, dalam Pasal 4 ayat 2 C, untuk bisa memilih warga harus menunjukkan kartu tanda penduduk.

"Saya tak bisa memilih, sebab sampai saat ini saya tak memiliki KTP. Ini dampak lambannya pengurusan KTP elektronik di tingkat Kecamatan dan Dispendukcapil," ujar warga Kabat ini.

Sementara untuk memperkuat gugatannya, Amrullah juga membuka posko pengaduan DTP. Hasilnya ada sekitar 40 orang warga yang mengadukan nasib yang sama dengannya.

Sedangkan Penjabat Bupati Banyuwangi, Zarkasi mempersilahkan bila ada warga yang menggugat. Sebab adanya gugatan itu, membuat Pemkab dan KPU terus terpacu untuk memperbaiki DPT. "Silahkan digugat. Kami sudah siapkan pengacara," pungkasnya.

Tak hanya menggugat perdata, dalam gugatannya, Amrulah meminta pilkada 9 Desember mendatang ditunda. Salah satu alasannya adalah persoalan DPT yang masih bermasalah. (dtc/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...