Kiai Hasyim Muzadi Gagas Salat Istisqa’ Nasional Atasi Asap, Wapres Setuju

Kiai Hasyim Muzadi Gagas Salat Istisqa’ Nasional Atasi Asap, Wapres Setuju Kiai Hasyim Muzadi saat diterima Wapres Jusuf Kalla didampingi KH Habib Lutfi Bin Yahya dan Prof Dr Mudjia Rahardjo. foto: BANGSAONLINE

JAKARTA, BANGSONLINE.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menerima gagasan KHA Hasyim Muzadi yang mengusulkan salat istisqa’ (minta hujan) nasional untuk menyelesaikan kasus asap yang kini menjadi masalah nasional bahkan internasional. Usul itu disampaikan Kiai Hasyim Muzadi saat diterima Wapres di Istana Wapres, Senin (26/11/2015).

Kiai Hasyim Muzadi diterima Wapres JK dalam kapasitas sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) International Conference of Islamic Scholars (ICIS). Saat diterima Wapres JK, Kiai Hasyim Muzadi didampingi Prof Dr Mudjia Rahardjo, Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang dan KH Habib Lutfi Bin Yahya, Rais Am Jam’iyyah Ahlu at-Thariqah Al-Mu’tabarah An-Nahdliyyah (Jatman).

Lalu bagaimana secara teknis salat istisqa’ itu?

“Kita kumpulkan ahli-ahli tirakat se-Indonesia (bukan sekedar tokoh Islam formal) untuk bersama-sama seluruh pejabat di Jakarta dan keluarganya bersama-sama salat istisqa’,” kata Kiai Hasyim Muzadi kepada BANGSAONLINE.com usai menghadap Wapres JK, Senin (26/11/2015).

Namun, kata Kiai Hasyim, sebelumnya kita harus berpuasa selama tiga hari. ”Setelah pulang ke daerah menjadi penganjur istisqa’ di daerahnya masing-masing,” katanya.

Menurut dia, apabila salat istisqa’ kita diterima, maka bisa menyelesaikan kasus asap. “Insyaallah hujan akan menyelesaikan asap dan api. Bencana ini bukan sekedar kejadian tapi ada unsur peringatan untuk kita semua. Alhamdulillah Wapres setuju,” katanya.

Kiai Hasyim menuturkan bahwa ia datang ke kantor Wapres JK dalam rangka konferensi Islam internasional ICIS ke-IV. Menurut dia, ICIS mengundang Wapres untuk menutup acara konferensi internasional Islam ICIS yang bakal digelar pada 23-24 Nopember di UIN Malang Jawa Timur.

Lihat juga video 'Pastor Sindir Kiai Poligami, Ini Respon Cerdas dan Jenaka KH A Hasyim Muzadi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO