6 Pendaki Gunung Lawu Tewas Terbakar, BNPB: Kebakaran Akibat Api Unggun

6 Pendaki Gunung Lawu Tewas Terbakar, BNPB: Kebakaran Akibat Api Unggun kebakaran hutan. Foto ilustrasi/detik.com

MAGETAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak enam pendaki asal Ngawi, ditemukan tewas terbakar di lereng antara pos 3 dan 4. Semula korban disebut ada lima, namun informasi terbaru, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut korban berjumlah enam orang. Dari jumlah itu, tiga di antaranya berjenis kelamin perempuan dan dua laki-laki.

Kebakaran hutan di memakan korban 6 jiwa dan 2 orang lainnya kritis. Kebakaran terjadi karena perapian pendaki gunung yang ditinggal begitu saja dan belum dipadamkan.

"Hasil penyisiran sementara sampai dengan saat ini diperoleh informasi korban kebakaran hutan yang terjadi di antara Pos 3 dan Pos 4 adalah 8 orang dengan rincian 6 orang meninggal, 2 orang dalam kondisi kritis dan masih dalam proses evakuasi," demikian disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya, Minggu (18/10) dilansir detik.com.

Sebelumnya, satu korban, Eko Nurhadi (45), selamat dan saat ini menjalani perawatan di Rumah Sakit dr. Sayidiman . Para korban ditemukan Minggu (18/10) siang. Korban Eko kondisinya masih belum sadar sebab mengalami luka bakar hingga 50 persen. Sedangkan lima korban tewas yang belum diketahui namanya, saat ini masih di lokasi kebakaran.

Menurut petugas, musibah tewasnya lima pendaki asal Ngawi dilaporkan kali pertama ke petugas pos 1 oleh seorang pendaki asal Semarang bernama Maisuri Salim. Saat itu saksi mengetahui ada lima jasad manusia yang kondisinya hangus terbakar di sekitar pos 3 wilayah . Informasi ini selanjutnya diteruskan ke polisi Polres serta petugas BPBD.

"Kami menerima info dari seorang pendaki yang mengabarkan ada lima pendaki tewas terbakar di pos 3. mendaki. Kami menduga mereka terjebak kebakaran hutan namun mereka tak bisa menyelamatkan diri," ujar Agus, aktivis komunitas Anak (AGL).

Belum diketahui kapan keenam pendaki asal Ngawi melakukan pendakian ke puncak . Pasalnya, dari keenam pendaki tadi, lima dinyatakan tewas dan satu korban masih kritis.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO