Lestarikan Batik Sadeng, TSANF Kolaborasi dengan Syam Modelling Gelar Pemilihan Duta Batik Jember

Lestarikan Batik Sadeng, TSANF Kolaborasi dengan Syam Modelling Gelar Pemilihan Duta Batik Jember Batik Jember.

JEMBER, BANGSAONLINE.com bekerja sama dengan menggelar Pemilihan Duta Batik 2023, Senin (18/12/2023).

Acara yang digelar di Aula Dinas Pendidikan , Kecamatan Patrang, tersebut diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai usia.

Hermawan, Penyelenggara Duta Batik 2023, mengatakan acara ini digelar dengan tujuan melestarikan budaya batuk, khususnya khas .

Ada 3 kategori yang dilombakan dalam acara ini, yakni kategori A usia 4 sampai 7 tahun, kategori B 8 sampai 12 tahun, dan kategori C usia 13 sampai 22 tahun.

"Dengan usia yang relatif muda itu, sekaligus mengenalkan budaya kepada para peserta agar batik tidak dilupakan oleh generasi masa depan. Kalau tidak dikenalkan mulai saat ini mereka (para peserta) takutnya hanya tahu branded dari luar negeri, sedangkan batik dianggap tidak menarik," jelasnya.

Hermawan mengatakan, nantinya akan ada 25 peserta yang tampil di babak Grand Final Duta Batik 2023. Seluruh peserta harus mengenakan batik yang sudah ditentukan oleh panitia, yaitu batik asli , .

"Kenapa , menurut saya karena kuat sekali ciri khas nya, seperti dari motif. Tapi bukan berarti batik lainnya jelek, hanya ciri khasnya yang kuat," ujarnya.

Nantinya, kata Hermawan, peserta yang terpilih sebagai duta batik akan dilibatkan secara aktif dalam kegiatan promosi potensi .

"Yang menang akan jadi model untuk promosi dan juga pariwisata yang ada di ," tandasnya.

Sementara itu, salah seorang peserta, Aniyiah Faidah, mengaku sangat antusias untuk mengikuti ajang ini. "Ya, jujur bangga juga karena bisa memakai batik asli ," tandasnya. (aji/yud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO