WBP Narkoba di Sidoarjo Ikuti Seminar Psikoedukasi untuk Kontrol Emosi

WBP Narkoba di Sidoarjo Ikuti Seminar Psikoedukasi untuk Kontrol Emosi Seminar Psikoedukasi diikuti puluhan WBP kasus narkoba di Lapas Kelas II Sidoarjo, Senin (11/12/2023).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Warga binaan pemasyarakatan (WBP) kasus narkoba mendapatkan pelatihan Psikoedukasi di Aula Lapas Kelas II A Sidoarjo, Senin (11/12/2023).

Sebanyak 30 narapidana narkoba mengikuti kegiatan itu, dengan penuh keseriusan. Ilmu tersebut mengenai kontrol diri yang diberikan oleh mahasiswa salah satu kampus di Sidoarjo.

Kasi Binadik Lapas Sidoarjo, Roqib Abror mengatakan, kegiatan seminar itu difokuskan kepada warga binaan kasus narkoba. Saat ini, lanjutnya, kasus terbanyak di Lapas SIdoarjo yaitu kasus narkoba. Oleh sebab itu, dengan adanya pelatihan ini, angka prevalensi narkoba dapat berkurang.

"Tujuan psikoedukasi ini adalah pembekalan secara mental, agar warga binaan bisa mengontrol emosi dan bisa mengendalikan dirinya," ujarnya.

Selain itu, Roqib menuturkan, dampak psikologis narapidana dapat memahami cara-cara melakukan kontrol diri untuk mencegah terjadinya penyalahan narkoba yang kembali terulang.

Sehingga, ia berharap, narapidana kasus narkoba lebih mudah percaya diri dan tidak gampang terpengaruh dengan hal negatif di sekitarnya.

Menurutnya, fokus paling utama, ditujukan kepada narapidana kasus narkoba agar lebih mudah mengendalikan diri.

"Sehingga tidak mudah terpengaruh untuk kembali berhubungan dengan barang haram itu lagi," tuturnya.

Ia juga mendukung penuh seminar yang diberikan oleh mahasiswa di Sidoarjo ini.

"Semoga dampaknya bisa dirasakan bagi warga binaan secara langsung," harapnya.(cat/rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO