KPU Pasuruan Gelar Sosialisasi di Rutan Kelas II Bangil

KPU Pasuruan Gelar Sosialisasi di Rutan Kelas II Bangil Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan Suyatmin saat menyampaikan materi.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - menggelar sosialisasi di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bangil tentang pelaksanaan pemilu yang aman dan damai. 

Sosialisasi yang mengambil tema "Peran Lembaga Pemasyarakatan Mewujudkan Pemilu 2024 yang Aman dan Damai" tersebut disampaikan oleh Suyatmin, Komisioner KPU.

"Dalam menentukan pilihan nanti, tolong dijaga keamanan dan kondusivitas lingkungan. Jaga selalu keamanan, dalam artian tidak ada intimidasi kepada sesama. Tidak diperkenankan ada intervensi kepada anggota rutan untuk memilih salah satu caleg, pasangan capres, dan DPD RI. Jangan sampai karenan kalian ketua kamar, kemudian memaksa temanya memilih dukungan sesuai keinginan kalian, itu tidak boleh," jelas Suyatmin.

Ia menguraikan, ada lima surat suara yang nantinya akan dicoblos oleh semua Warga Negara Indonesia. Tapi, lima surat suara itu tidak semuanya bisa dicoblos oleh semua penghuni rutan.

Misal yang alamatnya luar daerah Kabupaten Pasuruan, seperti Kota Pasuruan atau Probolinggo, itu nanti mendapat empat surat suara, yakni untuk mencoblos caleg provinsi, caleg DPR RI, calon DPD RI, dan pasangan capres-cawapres.

Sementara Kepala Bhanad Shofa Kurniawan menambahkan, selama proses kampanye nanti pihaknya akan memfasilitasi nonton bareng debat pasangan capres-cawapres. Tujuannya supaya penghuni rutan bisa menilai sendiri di antara meraka yang cocok dan sesuai dengan hati nurani masing-masing.

"Kita siapkan nanti nobar, agar mereka punya gambaran sendiri pasangan capresnya," jelas Bhanad.

Dia berharap proses pemilihan nanti tidak ada gesekan dengan satu sama lainnya, sehingga semua warga binaan bisa memilih sesuai keyakinannya.

"Tolong dijaga keamananya ya, jangan sampai gontok-gontokan," pungkas dia. (afa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO