Tingkatkan Kualitas Produk UMKM, BI Gandeng Pemkot Kediri Beri Pelatihan Perajin Tenun dan Batik

Tingkatkan Kualitas Produk UMKM, BI Gandeng Pemkot Kediri Beri Pelatihan Perajin Tenun dan Batik Kepala KPwBI Kediri, Choirur Rofiq, saat memberi sambutan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kantor Perwakilan (KPwBI) menggandeng Pemkot untuk memberikan pelatihan pewarnaan kepada 41 peserta yang terdiri dari 20 perajin Tenun Ikat Bandar Kidul, dan 21 perajin Batik se-Eks Karesidenan , Selasa (21/11/2023).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendorong Kota meningkatkan kualitas produknya dan bisa bersaing di pasar global. Agenda yang dibuka Kepala KPwBI , Choirur Rofiq, di Aula Kantor Kelurahan Bandar Kidul itu menghadirkan mentor dari Gaya Wastra Nusantara, dan akan berlangsung pada 21-25 November 2023.

Choirur mengatakan, bersama dengan Pemkot dalam mendorong dan mendukung kepada para perajin mulai dari sisi hulu hingga sisi hilirnya. Menurut dia, produk batik dan tenun termasuk dalam kategori industri kreatif, sehingga para perajin dituntut untuk terus belajar mengikuti perkembangan pasar modern agar tetap dapat bersaing dengan produk lain.

"Di industri kreatif, kalau perajin tidak terbuka pemikirannya untuk terus belajar nantinya akan ketinggalan dengan kompetitor lain. Karena apapun jenis pekerjaan, saat ini selalu disandingkan dan dibantu oleh kemajuan teknologi," ujarnya.

Ia menyebut apabila kegiatan pelatihan yang diberikan oleh pihaknya maupun Pemkot sebenarnya untuk membuka cakrawala berpikir para perajin bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas produknya.

"Tentunya semua tergantung kepada para perajin, bagaimana untuk memotivasi diri agar mau terus belajar. Jangan hanya menunggu pelatihan dari BI dan Pemkot saja, jika ada kesempatan perajin juga bisa belajar batik atau tenun di tempat lain," katanya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot , Ferry Djatmiko, yang juga hadir dalam acara tersebut mengungkapkan dalam bisnis harus selalu memiliki inovasi, baik itu produk maupun proses produksinya. Kegiatan pelatihan-pelatihan yang telah diberikan untuk perajin harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO