55 Desa di Nganjuk Raih Penghargaan

55 Desa di Nganjuk Raih Penghargaan Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, saat memberikan piagam kepada desa pemenang kategori Nindya. Foto: BAMBANG DWI JULIANTO/BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Pemkab memberi penghargaan kepada 55 desa yang telah berhasil dalam tata kelola keuangan desa. Pj Bupati , Sri Handoko Taruna, mengapresiasi inspektorat daerah setempat yang menggelar ajang tersebut

"Saya ucapkan terima kasih kepada ispektorat dan sukses kepada desa-desa yang masuk kategori WTP (wajar tanpa pengecualuan)," ujarnya, Kamis (9/11/2023) malam.

Menurut dia, tata kelola keuangan desa yang baik merupakan kunci sukses dalam proses pembangunan suatu desa, mulai dari proses perencanaan hingga pengelolaan anggaran keuangan desa sampai pertanggungjawabannya.

"Bagaimana desa memiliki Kesadaran dalam mengelola dana desa, sehingga dana tersebut memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakatnya," tuturnya.

Ia menyebut, terdapat 4 kunci sukses dalam mengelola keuangan atau dana desa, yakni transparansi dan akuntabilitas, komitmen dan peran serta masyarakat, kepemimpinan atau leadership, keputusan atas aspek fokus pembangunan melalui dana-dana desa. 

"Itu semua dapat terwujud dari pribadi yang namanya integritas," katanya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten , Mokahamad Yasin, menyatakan malam penganugerahan tahun ini mengalami kenaikan prestasi dari tahun sebelumnya, yang mana pada 2022 9 desa kategori madya, 16 desa kategori pratama. Pada 2023, ada 7 desa nindiya, 26 madya, dan 22 pratama.

"Ya benar tahun ini ada kategori baru yang kita masukkan yakni tingkat Nindya, peringkat tertinggi diatas Madya," ucapnya.

Penilaian dilaksanakan saat APIP audit ketaatan dan monitoring tata kelola keuangan desa, mulai Februari sampai dengan Maret 2023. Adapun indikator penilaiannya yakni adalah tahap perencanaan 30 persen, tahap pelaksanaan 33 persen, tahap penata usahaan 12 persen tahap pelaporan 7 persen, dan tahap pertanggungjawaban 18 persen.

"Saya ucapkan selamat kepada Desa yang masuk nominasi, semoga penghargaan ini bisa terus ditingkatkan lebih baik lagi," pungkasnya. (bam/mar).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringati Hari Jadi ke-1.087, Pemkab Nganjuk Gelar Sejumlah Baksos':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO