Ijazah Kubro Pagar Nusa akan Dihadiri Kiai-kiai Sepuh hingga Presiden Jokowi

Ijazah Kubro Pagar Nusa akan Dihadiri Kiai-kiai Sepuh hingga Presiden Jokowi Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa, M. Nabil Haroen, saat konferensi pers di Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pelaksanaan Ijazah Kubro yang digelar Pimpinan Pusat Nahdlatul Ulama bertepatan dengan momentum Hari Santri Nasional 2023, akan menjadi agenda kolosal dan monumental. 

Ketua Umum Pimpinan Pusat , M. Nabil Haroen, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda penting bagi pendekar, kader , dan warga . Ia mengungkapkan hal tersebut didampingi Ketua Panitia Ijazah Kubro dan Pelantikan Pimpinan Pusat , Letjen TNI (Purn) Ganip Warsito, di Surabaya, Kamis (19/10/2023).

“Agenda Ijazah Kubro Pimpinan Pusat ini merupakan agenda 5 tahun sekali. Kami selenggarakan sebelumnya di Cirebon pada 2018 lalu, dan pada tahun 2023 ini di Surabaya," kata Nabil.

"Agenda Ijazah Kubro ini juga akan dirangkai dengan Pengukuhan Pimpinan Pusat pagar Nusa. Jadi ini agenda yang sangat sakral, dihadiri oleh puluhan kiai-kiai sepuh, Presiden Joko Widodo dan jajaran Menteri, serta Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama dan jajarannya,” tuturnya menambahkan.

Ia menyebut, rencana Ijazah Kubro akan dilaksanakan di Lapangan Bumi Moro, dan akan dihadiri sekitar 25 ribu pendekar, kader , serta .

“Ini agenda besar yang menjadi momentum untuk ngalap berkah dari para kiai. Tim sudah bersilaturahmi ke para kiai sepuh untuk meminta doa, naskah ijazah, hingga air asma’ yang didoakan untuk kemudian diberikan kepada peserta ijazah. Sebulan terakhir, tim sudah berkeliling dari Banten hingga Jawa Timur, untuk sowan kepada para kiai sepuh,” paparnya.

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO