KH Afifuddin Muhajir: Yang Haramkan Maulid Nabi Apa Dasarnya, Tolong Jawab

KH Afifuddin Muhajir: Yang Haramkan Maulid Nabi Apa Dasarnya, Tolong Jawab Dr (HC) KH Afifuddin Muhajir. Foto: M Mas'ud Adnan/bangsaonline

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Memasuki bulan Rabi’ul Awal, mayoritas Umat Islam Indonesia bersiap-siap menggelar peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan ini lazim disebut . Atau cukup atau maulid saja.

Umumnya maulid itu dirayakan dengan berbagai cara. Sesuai budaya daerah masing-masing. Ada kalanya dimeriahkan dengan sedekah uang, makanan, dan minuman. Namun ada juga yang digelar dengan perayaan rebutan buah. Bahkan juga ada kalanya digelar dengan arak-arakan yang sangat meriah.

Hanya saja ada satu acara utama dalam Maulid Nabi. Bahwa setiap peringatan Maulid Nabi selalu ada pembacaan Salawat Nabi Muhammad. Itulah inti perayaan .

Bahkan kadang juga dilengkapi dengan taushiah ulama atau kiai. Pesan-pesan keagamaan agar bisa meneladani perilaku dan akhlak Nabi Muhammad SAW. 

Meski demikian, kelompok Islam formalis - seperti penganut Wahhabi yang ada di Indonesia - menentang keras peringatan Maulid Nabi. Kenapa? Mereka beralasan Maulid Nabi itu tak ada dalilnya.

Nah, Dr (HC) KH Afifuddin Muhajir, Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo Situbondo Jawa Timur mempertanyakan balik.

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO