Mahfud MD Banjir Apresiasi saat Bertemu Seniman dan Budayawan di Bandung

Mahfud MD Banjir Apresiasi saat Bertemu Seniman dan Budayawan di Bandung Menkopolhukam, Mahfud MD, saat bertemu seniman dan budayawan di Bandung.

BANDUNG, BANGSAONLINE.com - Menkopolhukam, Mahfud MD, mengakhiri kegiatan di Kota dengan menggelar diskusi bersama seniman dan budayawan Jawa Barat, Rabu (14/9/2023) malam. 

Mereka yang hadir di antaranya personel grup band legendaris Bimbo; Pimpinan Saung Angklung Udjo, Ega Robot Ethnic Percussion; dan maestro pematung, I Nyoman Nuarta.

Dalam acara yang digelar di Plataran, ini, lara seniman dan budayawan ini satu per satu menyampaikan pandangannya tentang persoalan kebangsaan saat ini kepada Mahfud MD. Mereka juga mengapresiasi dedikasi Mahfud MD selama ini menjaga NKRI.

Ia mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar untuk mengetahui gagasan dan pandangan para seniman dan budayawan. Sebab, cara pandang mereka berbeda.

"Selama ini kan kalau forum dialog banyak adu argumen logis, itu terkadang keputusan yang mudah ditulis di atas kertas, saya mencoba tidak hanya pendekatan logis tapi pendekatan rasa," ujar Mahfud yang dikenal dengan seninam dan budayawan nasional ini.

Ia mencatat sejumlah poin penting, salah satunya soal penyelesaian masalah yang harus dilakukan tidak hanya dengan pikiran semata. Seniman dan budayawan Jabar mendorong agar turut memperhatikan hati nurani.

Selain itu, para seniman dan budayawan Jabar juga mendorong agar Mahfud MD agar tetap memperhatikan character building bangsa. Hal itu sudah sering disampaikan presiden Indonesia yang pertama, yaitu Bung Karno. 

"Dengan mempertemukan hati nurani dengan publik, bukan otak semata. Common sense dengan logika yang tajam," katanya.

Forum serupa, tambah Mahfud, akan rutin digelar di daerah lain. Dengan diskusi bareng seniman dan budayawan, dia dapat prespektif lain di luar diskusi ilmiah.

"Akan saya mulai setiap kunjung satu tempat. Kalau pagi diskusi ilmiah kebijakan, malam bertemu dengan para seniman," tuturnya sembari menepis pertemuannya dengan para seniman dan budayawan berkaitan dengan Pilpres 2024.

Lihat juga video 'Kecelakaan Beruntun 3 Unit Mobil dan Sepeda Motor di Bandung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO