Kejari Kota Batu Musnahkan Barang Bukti 79 Kasus Kejahatan di TPA Tlekung

Kejari Kota Batu Musnahkan Barang Bukti 79 Kasus Kejahatan di TPA Tlekung Pemusnahan barang bukti 79 kasus kejahatan yang berlangsung di TPA Tlekung, Kota Batu.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota memusnahkan barang bukti 79 perkara tindak pidana umum yang sudah inkracht van gewijsde atau telah berkekuatan hukum tetap di TPA Tlekung, Selasa (18/7/2023). 

Kepala Kejari Kota , Agus Rujito, mengatakan bahwa agenda tersebut masuk dalam rangkaian Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-63. 

"Mayoritas yang dimusnahkan adalah barang bukti perkara narkotika," ujarnya.

Adapun perkara tindak pidana umum itu yakni, sabu sejumlah 119,66 gram, ganja 10.495 gram, pil dobel L 13.737 Butir, pil t sebanyak 771 butir, pil logo Y sebanyak 3.000 butir, minuman keras 27 botol, 30 HP, serta 4 senjata tajam.

Agus menjelaskan, pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum di TPA Tlekung itu adalah untuk menghindari polusi udara di lingkungan permukiman.

“Dengan menggunakan alat penghancur sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kota yang canggih dan modern, tentunya tidak akan berdampak pada polusi udara sekitar lokasi pemusnahan,” paparnya.

Dengan adanya kegiatan ini, ia berharap tingkat kejahatan akan berkurang dan barang bukti tersebut tidak disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Barang bukti yang ada dimusnahkan dengan dihancurkan menggunakan mesin pyrolisis yang dapat mengurangi sampah dengan emisi minimal, tergantung jenis sampah yang masuk dan bisa mencapai temperatur 800 celsius.

"Dengan suhu setinggi itu, sampah B3 atau sampah medis atau dalam hal ini narkotika dan barang bukti bisa diolah dan dihancurkan dengan aman," ungkapnya

Kegiatan pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum yang berlangsung di TPA Tlekung juga dihadiri Pj Wali Kota , Aries Agung Paewai; Kapolres , AKBP Oskar Syamsuddin, dan beberapa pejabat terkait lainnya. (adi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO