7 Makanan Sehat yang Cocok Disantap saat Cuaca Dingin

7 Makanan Sehat yang Cocok Disantap saat Cuaca Dingin Ronde merupakan salah satu makanan yang cocok disantap saat cuaca dingin. (foto: klatenkab.go.id)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Beberapa kawasan di Indonesia, khususnya Pulau Jawa dalam beberapa hari terakhir ini sedang mengalami cuaca yang dingin saat malam tiba. Cuaca yang tidak bersahabat ini membuat sebagian orang merasa kurang nyaman.

Ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan supaya tubuh menjadi lebih hangat di tengah . Salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat menghangatkan tubuh.

Kecenderungan makan yang meningkat saat musim dingin seperti ini akan membuat seseorang akan menyantap makanan yang disukai.

Dirangkum dari berbagai sumber, Berikut 7 makanan sehat yang cocok disantap saat .

1. Bakso

Hampir semua orang suka masakan khas nusantara satu ini nih. Bakso merupakan makanan yang berasal dari campuran daging giling yang dicampur tepung tapioka dan dibentuk menyerupai bola-bola kecil. Pada umumnya, terbuat dari daging sapi yang merupakan sumber protein dan zat besi. Meskipun sebagian orang menggunakan daging ayam, ikan hingga udang sebagai penggantinya. 

Kuliner satu ini disajikan dalam keadaan panas dengan kuah bening biasanya juga ditambahkan bihun dan mie serta ditaburi bawang goreng.

Seperti yang diungkapkan peneliti dari School of Biomedical and Molecular Sciences dari University of Surrey bahwa protein dapat meningkatkan kesehatan tulang, melancarkan sistem pencernaan tubuh, serta mengoptimalkan aktivitas dan koordinasi antar sel atau signaling cell.

Kandungan lain yang terdapat pada yakni mineral, vitamin, dan protein yang diperlukan bagi tubuh. Namun manfaat kesehatan itu bisa Anda dapatkan dengan membuat sendiri yang bahannya menggunakan daging tanpa lemak serta mengonsumsinya dalam porsi normal. Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti tauge, selada, dan sawi untuk mencukupi kebutuhan serat.

2. Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah salah satu minuman yang terdiri dari kuah jahe yang diberi isian ronde. Minuman yang satu ini merupakan perpaduan budaya Tionghoa dengan Nusantara.

Wedang ronde merupakan kombinasi antara tangyuan dan kuah jahe plus diberi gula khas lokal. Tangyuan sendiri juga berasal dari tepung ketan dan sedikit air, dibentuk bulat kemudian direbus hingga matang. bisa ditambahkan isian maupun polosan

Rasanya yang melegenda membuat minuman ini biasa dicari orang ketika malam hari terlebih saat karena bisa menghangatkan tubuh dan tenggorokan.

3. Sup Ayam

Sup ayam adalah perpaduan sempurna antara olahan ayam, kuah kaldu, dan sayuran yang umumnya terdiri dari kentang, buncis, kubis, dan wortel.

Makanan yang biasanya disantap ketika sakit ini memiliki asupan cairan dan nutrisi karena terdapat banyak sayuran dan ayam sebagai sumber vitamin serta protein.

Bumbu utama dalam adalah bawang putih yang didalamnya mengandung fitonutrien yang mampu mengatasi peradangan, memperkuat imunitas,mencegah tubuh dari serangan demam dan flu, bahkan mengurangi kelelahan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO