Jumat, 19 Juli 2019 22:24

Kenang Reformasi, Jurnalis Tuban Tabur Bunga di Monumen Pancasila

Selasa, 12 Mei 2015 17:54 WIB
Kenang Reformasi, Jurnalis Tuban Tabur Bunga di Monumen Pancasila
Para jurnalis dari kabupaten Tuban saat tabur bunga untuk mengenang reformasi 1998, foto: suwandi/BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mengenang tragedi reformasi Indonesia pada 12 mei 1998, sejumlah jurnalis online, koran dan televisi di Tuban menggelar aksi tabur bunga di Monumen Pancasila yang berada di jalan RE. Martadinata Tuban, Selasa (12/5).

Dalam aksinya, para jurnalis membawa poster yang bergambarkan tragedi triksakti dan gambar empat aktivis mahasiswa yang sampai saat ini tidak tahu keberadaannya. Tidak hanya itu, sejumlah jurnalis juga melakukan orasi hingga menyedot perhatian pengguna jalan yang melintas di jalan itu.

“Pada tanggal 12 Mei 1998 lalu merupakan sejarah awal munculnya reformasi di Indonesia. Guna mengenang peristiwa tersebut, kami jurnalis di Tuban melakukan aksi tabur bunga,” terang Mutohar salah satu wartawan online Jawa Timur saat berorasi.

Menurutnya, orasi ini dilakukan karena ingin mengajak masyarakat Tuban agar tidak lupa dengan peristiwa 12 mei yang sangat bersejarah itu. Sebab, pada saat itu keterbukaan informasi di negeri Indonesia mulai ada. Tidak hanya itu, jurnalis Tuban juga menyesalkan pemerintah yang tidak bertindak tegas kepada para jendral yang dulu telah mengomando terhadap penembakan para aktivis mahasiswa saat melakukan reformasi.

“Kenapa yang diadili hanya ditingkatan bawah, sedangkan para komandannya tidak diadili atau diseret ke meja hijau,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Lapangan (korlap) aksi Edy Purnomo ketika dikonfirmasi meminta agar aparatur negara ini bisa menjaga ruh reformasi. Karena keberadaan insan pers adalah salah satu penyambung lidah rakyat untuk pemerintah. Sehingga, aparat pemerintah diminta selalu terbuka kepada pers.

“Kami minta pemerintah juga harus terbuka, karena publik membutuhkan keterbukaan,” tegas pria lajang dari jurnalis online dan cetak ini. (wan/rvl)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...