Dinsos Kabupaten Kediri Gelar Simulasi Penanganan Korban Bencana Tanah Longsor

Dinsos Kabupaten Kediri Gelar Simulasi Penanganan Korban Bencana Tanah Longsor Simulasi evakuasi korban bencana tanah longsor di Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten bersama Tim dari BPBD, FPRB dan Pemerintah Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, menggelar simulasi penanganan korban bencana tanah .

Kegiatan itu merupakan bagian dari sosialisasi dan penguatan Kampung Siaga Bencana (KSB) yang diikuti oleh kepala desa di Kecamatan Mojo. Agenda tersebut digelar sejak kemarin, Rabu (9/11/20222) hingga hari ini, Kamis (10/11/2022).

Kamid, Tim dari Forum Pengurangan Risiko Bancana FPRB Kabupaten , mengatakan bahwa simulasi penanganan bencana sangat penting dilakukan, sebagai latihan penanganan bencana bila bencana benar-benar terjadi.

"Kebetulan di wilayah Kecamatan Mojo itu merupakan wilayah yang sering terjadi bencana banjir dan tanah , mengingat wilayahnya yang terletak di lereng Gurung Wilis. Disimulasikan, posko di Desa Blimbing, menerima laporan bahwa di RT 12 telah terjadi ," ujarnya. 

"Di sana ada dua korban dan posko langsung memerintahkan tim yang ada di lapangan untuk segera melakukan evakuasi korban dan penanganan agar segera dibawa ke posko guna penanganan lebih lanjut," imbuhnya.

Dalam simulasi penanganan koban bencana, lanjut Kamid, tim mengevakuasi korban ke posko menggunakan kendaraan roda empat. Selain itu, juga diajarkan cara-cara penanganan korban yang menderita kaki atau tangannya patah.

"Simulasi ini dilaksanakan sebagai antisipasi bila terjadi bencana yang sesungguhnya. Dengan simulasi,Tim di lapangan dan masyarakat akan mengetahui apa yang harus dilakukan bila terjadi bencana seperti bencana tanah ," urai Kamid.

Dinsos Kabupaten telah menggelar sosialisasi dan penguatan KSB di Desa Blimbing, Kecamatan Mojo, Kabupaten . Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Desa Blimbing, Pamongan, Petungroto, Jugo dan Kraton. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO