World Conference on Creative Economy, Sandiaga Uno Promosikan Batik Pamekasan

World Conference on Creative Economy, Sandiaga Uno Promosikan Batik Pamekasan Gebyar batik Pamekasan saat tampil dalam World Conference on Creative Economy di Bali International Convention Center.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mempromosikan batik tulis dalam acara World Conference on Creative Economy di Bali International Convention Center, Kamis (6/10/2022). Menurut dia, mampu memanfaatkan momentum untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat.

"Batik ini datang dari Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Batik ini memiliki motif yang cantik, tidak kalah dengan batik-batik dari daerah lain. Selain itu motif batiknya khas. Terima kasih kepada para pihak yang telah berpartisipasi dalam acara World Conference on Creative Economy," ujarnya saat mempromosikan batik dengan bahasa inggris di hadapan para tamu dari berbagai negara.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) , Achmad Sjaifuddin, mengatakan bahwa kegiatan di Bali International Convention Center merupakan salah satu komitmen dalam mempromosikan batik di kancah nasional dan internasional. Mengingat, acara tersebut dihadiri oleh sejumlah undangan dari berbagai negara.

"Kami memang minta kepada Kemenparekraf bagaimana batik ini ikut dipromosikan dalam ajang internasional. Alhamdulillah kita bisa tampil di acara world converence on creatif economy di Bali Internasional Convention Center, dan teman-teman dari Menparekraf sangat antusias," kata Achmad saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Sabtu (8/10/2022).

Ia berharap, ekonomi perajin batik tumbuh dan berkembang seiring digalakkannya promosi melalui gebyar batik di beberapa daerah. Dalam pelaksanaannya, gebyar batik mampu meningkatkan penjualan batik hingga tingkat perajin.

Pada acara yang dihadiri perwakilan sejumlah negara itu, desainer nasional, Embran Nawawi, ikut mempromosikan batik untuk berpartisipasi dalam pagelaran gebyar batik dengan menampilkan fesyen batik. Ia menjadi konseptor dari pagelaran gebyar batik tulis dan yakin bisa menembus kancah global.

"Gebyar batik juga digelar di enam kota lainnya, road show gebyar batik di wilayah Jawa dan Bali selama 2022. Ada enam daerah yang menjadi tujuan road show tersebut, meliputi Malang, Tuban, Bromo, Jember, dan hari ini di Bali dan terakhir nanti di Surabaya," ucap desainer yang sudah memamerkan batik ke mancanegara. (dim/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO