Diduga Lama Tak Tersentuh Renovasi, Gedung Asrama Haji Lamongan Ambruk

Diduga Lama Tak Tersentuh Renovasi, Gedung Asrama Haji Lamongan Ambruk Kondisi atap dan dinding yang ambruk di Gedung Asrama Haji Lamongan.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Gedung Asrama Haji yang berada di Jalan Sumargo nomor 24 Kelurahan Tlogoanyar, Kecamatan/Kabupaten , ambruk, Minggu (2/10/2022). Diduga, bangunan ini roboh karena rapuh dan lama tidak direnovasi.

Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) , Abdul Rouf, memastikan peristiwa itu. Ia mengatakan bahwa Gedung Asrama Haji roboh sekira pukul 12.06 WIB.

"Gedung Asrama Haji yang ambruk ini dulunya diresmikan pada tanggal 14 Juli 1999 silam. Bangunan tersebut memang sudah lama tidak mengalami renovasi," ujarnya saat dikonfirmasi.

Ia menuturkan, gedung ini ambruk karena ada kerusakan di bagian rangka atap yang kemudian patah. Selain itu, dinding sebelah timur Gedung Asrama Haji mengalami keretakan dan kondisinya yang miring menyebabkan genteng bangunan berjatuhan.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Untuk kerugian materiil belum bisa dipastikan. Nantinya akan kita usulkan agar bisa segera diperbaiki dan dibangun gedung baru yang lebih baik dan bagus," tuturnya.

Rouf menyebut, bangunan itu telah mengalami beberapa kali perbaikan pada saat kepemimpinan IPHI yang diketuai Abdus Salam. Seiring berjalannya waktu, kerusakan yang terjadi pada Gedung Asrama Haji  semakin parah.

"Sempat dilakukan perbaikan 2 kali saat masa Ketua IPHI dijabat KH. Abdus Salam, anggarannya bersumber dari dana hibah. Lalu sejak saya menjabat sebagai Ketua IPHI , belum ada perbaikan karena kerusakan semakin parah," paparnya.

Wakli Bupati ini menyebut, IPHI telah berkoordinasi dengan Bupati Yuhronur terkait perbaikan gedung dan mendapat aliran dana dari APBD.

"Selama pandemi, gedung ini tak terpakai. Terakhir digunakan saat ada pekan olahraga Jawa Timur di . Kondisinya memang sudah parah. Saya tadi sudah kordinasi dengan Pak Bupati, katanya beliau siap membantu untuk dilakukan perbaikan,"pungkasnya. (qom/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO