ZChicken dari Baznas Diyakini Jadi Penguat Ekonomi di Jatim

ZChicken dari Baznas Diyakini Jadi Penguat Ekonomi di Jatim Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat melihat stan ZChicken dari Baznas. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Program usaha dari Badan Amil Zakat Nasional (), ZChicken, diyakini bakal mampu menjadi bagian penguatan ekonomi di Jawa Timur. Hal tersebut diungkapkan Gubernur usai Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) se-Jatim.

akan menjadi bagian penguatan ekonomi mikro, ini akan menjadi bagian penguatan dari penguatan, ketahanan dan bantalan ekonomi masyarakat," ujarnya di Novotel Samator Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam.

"Karena ini bagian dari zakat produktif, saya rasa makin banyak program-program zakat produktif yang bisa di-publish, semakin orang tau yang sebetulnya apa yang dilakukan ," tuturnya menambahkan.

Gubernur ingin mengajak kebersamaan semua pihak dalam memberikan penguatan pada sektor pelaku usaha mikro seperti ini. Menurut dia, program yang bukan bersumber dari APBD itu jelas lebih fleksibel meski tetap ditanggungjawabkan melalui BPK.

“Tapi bahwa proses penganggarannya tidak se-seret APBD, dan ini akan menjadi partner bagi seluruh daerah, provinsi, kabupaten/kota untuk bisa memberikan penguatan ekonomi pada masyarakat di daerah masing-masing,” paparnya.

"Satu lagi, yang penting adalah digitalisasi ekosistem supaya dikuatkan di Jatim. Kita tadi baru meresmikan digital , ini menjadi bagian modernisasi di lingkungan Jatim, yang lebih advance lagi ke depan. Bank Jatim bisa menjadi mitra strategis Jatim,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI, KH Noor Achmad, menyebut program ZChicken merupakan salah satu bentuk komitmen pihaknya dan bertujuan memberi kesejahteraan serta mengangkat perekonomian mustahik, terlebih setelah pandemi Covid-19. Kondisi ini memberikan dampak besar kepada perekonomian keluarga rentan.

berkomitmen untuk mengembangkan program ZChicken menjadi program secara nasional dimulai dengan pengembangan 1.000 gerai ZChicken di seluruh Jawa. Untuk Jawa Timur, akan menyalurkan bantuan kepada 250 pelaku usaha ZChicken, dan tidak menutup kemungkinan akan terus melebarkan sayap agar menjangkau lebih banyak mustahik,” urai Achmad.

Untuk provinsi Jawa Timur hingga September 2022, telah disalurkan kepada 105 mustahik di Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Tuban, dan Kota Surabaya. Dalam program bantuan usaha ZChicken, tak hanya memberi bantuan modal usaha.

Lembaga yang mengelola zakat ini juga membentuk ekosistem pengelolaan usaha agar semakin optimal. Salah satunya dengan membentuk kelompok pengelola usaha sebagai distributor bahan baku ZChicken, yang juga dimiliki kelompok mustahik. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO