​Tambah Nilai Jual, Pemkab Pasuruan Gelar Pelatihan Produk Inovatif | BANGSAONLINE.com - Berita Terkini - Cepat, Lugas dan Akurat

​Tambah Nilai Jual, Pemkab Pasuruan Gelar Pelatihan Produk Inovatif

Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Rabu, 24 Juli 2019 22:51 WIB

Para pelaku usaha saat ikuti pelatihan membuat olahan berbahan baku kerang.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bagi para pecinta makanan seafood pasti sudah merasakan nikmatnya menyantap kerang, makanan khas yang banyak dijual oleh masyarakat yang tinggal di persisir laut.

Sejatinya, hasil perikanan tersebut bisa diolah menjadi beraneka ragam produk seperti stick, krupuk, nugget berbahan baku kerang/keong, sehingga akan menghasilkan nilai keutungan yang cukup lumayan.

Banyaknya hasil tangkapan laut yang selama ini dijual secara tradisional oleh masyarakat pesisir mengilhami Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan melakukan terobosan. Yakni dengan memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha membuat aneka produk makanan berbahan kerang bekerja sama dengan BBP2HP (Balai Besar Pengujian Penerapan hasil Perikanan) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada para pelaku usaha bagaimana cara mengelola hasil tangkapan laut menjadi produk makanan yang memiliki nilai jual yang cukup lumayan bila dibandingkan menjual langsung (tanpa diolah: red) hasil tangkapan langsung di pasar.

“Mereka (para pelaku usaha) diberi pelatihan dan praktik langsung cara membuat makanan berbahan baku kerang/ keong dari instruktur BBP2HP,“ jelas Ir Slamet Nurhandoyo .

Simak berita selengkapnya ...

1 2

 

Berita Terkait

Bangsaonline Video