Percepatan Transformasi Digital, Pemkab Sidoarjo Launching Desa Digital

Percepatan Transformasi Digital, Pemkab Sidoarjo Launching Desa Digital SIMBOLIS: Launching desa digital yang digelar di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (23/8/2023). Foto: Ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo berupaya mempercepat transformasi digital di desa dan daerah terpencil. Itu dilakukan dengan melaunching sembilan desa digital dan akses jaringan internet di tiga wilayah blankspot.

Launching dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa, Rabu (23/8/2023). Hadir dalam acara ini Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Desa PDTT) , Staf Ahli Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Bidang Teknologi, Mochamad Hadiyana.

Bupati mengatakan upaya ini merupakan keseriusan Pemkab Sidoarjo untuk pemerataan aksesibilitas daerah perikanan, pembangunan infrastruktur, serta sarana pendidikan.

Menurutnya, program ini menjadi langkah awal untuk menjadikan seluruh masyarakat Kabupaten Sidoarjo melek digital, sehingga tidak buta akan perkembangan zaman.

Sebab melalui perluasan jaringan internet di wilayah blankspot, masyarakat yang selama ini dapat mengakses internet, kini bisa menikmatinya. Jaringan internet itu dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran jarak jauh maupun pemasaran produk UMKM secara online.

"Tahun lalu, kita juga ada program akses jaringan internet di wilayah blankspot yaitu di Desa Kali Alo, Tlocor, dan Tanjungsari. Sedangkan program tahun 2023 ini juga ada 3 wilayah yang mendapat akses jaringan internet, yaitu di Kalikajang, Kepetingan, Pucukan, yang di antaranya merupakan penghasil devisa," tegas alumni Unair ini.

Sementara meminta agar nantinya aplikasi-aplikasi pemerintah yang digunakan dalam pelayanan diintegrasikan menjadi satu aplikasi.

"Karena banyak sekali aplikasi dari berbagai lembaga atau instansi dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat yang digunakan oleh masyarakat," tandasnya. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO