Bupati Minta Satpol PP Sidoarjo Kedepankan Sikap Humanis saat Penertiban PKL

Bupati Minta Satpol PP Sidoarjo Kedepankan Sikap Humanis saat Penertiban PKL Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor. foto: ist.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengedepankan sikap humanis dalam penertiban pedagang kaki lima (PKL).

Itu disampaikan Bupati Muhdlor usai rapat dengan jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kantor Dinas Setda , Jumat (4/3/2022).

"Tegas boleh, tapi harus mengedepankan humanis. Tugas Satpol PP memang menegakkan aturan perda (Peraturan Daerah) seperti perda ketertiban umum yang menyangkut penertiban teman-teman PKL," cetus Bupati Muhdlor.

Ia pun menilai instansi penegak perda itu selama ini dalam penegakan perda, terutama urusan penertiban PKL dirasa masih belum maksimal. Dipengaruhi banyak faktor, diantaranya masih rendahnya kesadaran, kepatuhan masyarakat khususnya para PKL. Terbatasnya tempat yang menjadi sentra PKL.

Terkait mengedepankan sikap humanis, alumni FISIP Unair ini meminta seluruh jajaran Satpol PP terutama yang bertugas di lapangan mulai sekarang diminta meningkatkan kompetensinya dalam hal komunikasi dengan masyarakat.

Menurutnya, penegakan sipil berbeda dengan penegakan institusi hukum seperti TNI-Polri. Ia tidak ingin pemerintahan di bawah kemimpinannya malah terkesan kaku dan tidak humanis.

, panggilan karib itu juga mewanti-wanti kepada jajarannya untuk tidak melakukan perbuatan yang merugikan masyarakat. Kasat Pol PP Widiantoro Basuki diminta melakukan tindakan tegas jika ada jajarannya yang melanggar.

"Di situasi seperti sekarang ini, di mana semua energi fokus pada pemulihan ekonomi jangan sampai ada yang berbuat tidak terpuji, seperti melakukan pungli kepada PKL," tandas , sapaan bupati.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO