Diresmikan Jokowi, Waduk Gongseng Bojonegoro Diharapkan Dapat Tingkatkan Pertanian

Diresmikan Jokowi, Waduk Gongseng Bojonegoro Diharapkan Dapat Tingkatkan Pertanian Presiden Jokowi saat menandatangani prasasti peresmian Bendungan Gongseng.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Bendungan atau Waduk Gongseng di Desa Kedungsari, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, diresmikan Presiden Joko Widodo didampingi Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Selasa (30/11/2021). Peresmian dilakukan di Trenggalek bersamaan dengan peresmian Bendungan Tugu di Trenggalek.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan Bendungan Gongseng dan Bendungan Tugu telah siap dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan. Bendungan Gongseng dibangun pada 2013-2021 memiliki daya tampung 22,43 juta meter kubik dan tampungan efektif sebanyak 14,75 juta meter kubik.

Bendungan ini memiliki luas genangan 390,6 hektare dan mampu mereduksi banjir hingga 121,18 meter kubik per detik. "Sering bisa menanam dan panen sehingga diharapkan pendapatannya meningkat," katanya.

Bendungan Gongseng sangat bermanfaat pada penyediaan air baku 300 liter per detik bagi 120.000 jiwa di 4 kecamatan. Waduk ini juga akan memberikan layanan irigasi bagi beberapa kecamatan, di antaranya Sumberejo, Kanor, Balen, Kepohbaru, Baureno.

Acara peresmian itu dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, dan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sumber Daya Air (SDA) Bojonegoro, Erick Firdaus menuturkan keberadaan Bendungan Gongseng ini sangat vital bagi petani, karena air menjadi kunci keberhasilan utama bagi pertumbuhan tanaman.

Simak berita selengkapnya ...