Festival JKCI, Satu-satunya Festival Cerutu di Asia Pasifik Digelar di Jember

Festival JKCI, Satu-satunya Festival Cerutu di Asia Pasifik Digelar di Jember Buruh sebuah pabrik cerutu saat melakukan pengemasan.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Jember sejak dulu dikenal dengan potensi sektor pertanian komoditas tembakau. Tak ayal jika eksistensi bisnis di bidang tembakau itu terus dikembangkan di Jember, bahkan dikenalkan ke mancanegara di belahan dunia.

Berdasarkan data dari Balai Pengujian Sertifikasi Barang dan Lembaga tembakau (BPSMB-LT) Jawa Timur, sampai saat ini tembakau Indonesia memasok 37 persen untuk kebutuhan produsen cerutu dunia. Dari 37 persen itu, sebanyak 25 persen adalah tembakau Jember.

Untuk memaksimalkan bisnis di bidang tembakau itu, Komoditas Produsen Cerutu Jember berkolaborasi dengan pemerintah daerah menggelar acara (JKCI) yang akan digelar pada hari ini, Jumat 26 hingga 28 November.

Menurut Febrian Ananta Kahar, pengagas sekaligus ketua panitia acara, ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di kawasan Asia Pasifik.

“Tahun lalu (2020) acara ini tertunda karena pandemi. Tahun ini meskipun masih dalam suasana pandemi, alhamdulillah bisa kita laksanakan lagi namun dengan penerapan prokes yang ketat,” ujar Febrian Ananta Kahar, Komisaris PT. BIN Cigar Jember.

Meski masih dalam suasana pandemi, kata dia, hal itu tidak mengurangi antusiasme para pemangku kepentingan dan konsumen cerutu dari dalam dan luar negeri, bahkan meningkat dibanding tahun 2019. Ia menjelaskan sedikitnya seratus undangan dari dalam dan luar negeri telah menyatakan kesiapannya untuk hadir di Jember mengikuti acara bertaraf Internasional itu.

“Di antara mereka adalah perwakilan sejumlah kementerian, duta besar/perwakilanan negara asing, perwakilan pemerintah provinsi Jawa Timur, pimpinan sejumlah produsen cerutu nasional dan mancanegara, para distributor dan agen serta komunitas pecinta cerutu (cigar club) se-Indonesia,” ungkap dia.

Acara festival itu juga diisi dengan pementasan beberapa karya seni-budaya Jawa Timur dan kunjungan (trip) ke beberapa tempat wisata di Jember, serta kebun-kebun kopi, kakao, dan tempat-tempat pengolahan tembakau dan produksi cerutu.

“Kami juga berharap acara ini menjadi destinasi wisata tersendiri yang mewarnai destinasi wisata lainnya di Jawa Timur, khususnya di Jember,” pungkasnya.

Adapun produsen yang akan mendukung acara tersebut yakni, (BIN Cigar) MDR (Mangli Djaya Raya), Kopkar Kartanegara, PT. Dwipa Nusantara Tobacco. Selain itu juga ada dua (2) produsen cerutu Internasional yang ada di Jember, yaitu: BSB (Burger Söhne, AG) dan Villiger Söhne AG. (yud/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO