Dinas Perkim Jombang Rehab Ratusan RTLH di Tiga Desa

Dinas Perkim Jombang Rehab Ratusan RTLH di Tiga Desa RTLH yang direhab Dinas Perkim Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), di tiga desa yang berada di wilayah Kota Santri ini telah tuntas direhab oleh Dinas Permukiman (Disperkim) Kabupaten Jombang, dengan dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2021.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang pada tahun 2021 ini mendapat alokasi anggaran DAK RTLH sebesar Rp 2.920.000.000, yang dipergunakan untuk kegiatan rehab ratusan RTLH di 3 desa. Di antaranya, 37 rumah di Desa/Kecamatan Jombang, 50 rumah di Desa Bakalanrayung, 55 rumah di Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu.

"Masing-masing alokasi setiap rumah adalah Rp 20 juta. Yang peruntukannya adalah Rp 17,5 juta untuk material dan Rp 2,5 juta untuk upah tenaga kerja," ujar Kepala Dinas Perkim Jombang, Heru Widjajanto, Rabu (24/11/21).

Dikatakan lebih lanjut, pencairan DAK untuk RTLH dibagi menjadi tiga gelombang. Yaitu gelombang pertama April - Juni, Juli - September untuk gelombang kedua, dan gelombang ketiga cair pada bulan September - Desember.

Simak berita selengkapnya ...