Anggota Komisi VII DPR RI Gelar Sosialisasi Geospasial di Tuban

Anggota Komisi VII DPR RI Gelar Sosialisasi Geospasial di Tuban Suasana saat sosialisasi dari Badan Informasi Geospasial di Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com (BIG) bersama anggota Komisi VII DPR RI, , mensosialisasikan produk informasi geospasial peta NKRI kepada masyarakat. Keberadaan geospasial digunakan untuk menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek yang berada di bawah atau permukaan bumi dengan sistem koordinat.

"Hari ini kita sampaikan informasi tentang geospasial kepada masyarakat, karena fungsinya yang sangat penting, namun masyarakat masih sangat awam terkait informasi kewilayahan ini," kata saat ditemui BANGSAONLINE.com, Selasa (26/10).

Politikus PKB itu menyampaikan, bahwa BIG merupakan ujung tombak tata ruang di Indonesia. Sebagai bentuk dukungan, pihaknya saat ini membahas RUU Landasan Kontinen guna menggali berbagai potensi kepentingan bangsa dan negara untuk berdaulat di dalam serta di luar.

“Kedaulatan ini bisa diwujudkan bila ada dukungan dari sisi perlindungan, pengamanan, legalitas, dan BIG adalah ujung tombak yang bertugas untuk pemetaan wilayah dan potensinya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pemetaan Rupabumi dan Toponim BIG, Ade Komara Mulyana, mengatakan bahwa pihaknya merupakan lembaga pemerintah yang ditugaskan untuk menyediakan informasi geospasial dalam bentuk peta digital yang dapat difungsikan untuk pembangunan suatu wilayah.

Simak berita selengkapnya ...