56 WBP Lapas Kelas IIA Madiun Dites Urine, ini Hasilnya

56 WBP Lapas Kelas IIA Madiun Dites Urine, ini Hasilnya Salah satu WBP menunjukkan hasil tes urine.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 56 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas IIA Madiun mengikuti tes urine. Hasilnya, semua WBP yang mengikuti tes negatif narkotika.

Kepala Lapas Madiun Ardian Nova mengatakan, tes tersebut dilakukan kepada WBP setelah melewati rehabilitasi narkoba selama satu semester.

“Tes urine dengan hasil negatif tersebut menjadi bukti bahwa rehabsos di sini berhasil. Para WBP benar-benar aktif mengikuti kegiatan rehab sejak awal hingga akhir,” ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Rabu(20/10/2021).

Ardian memastikan, alat deteksi tes urine yang digunakan sangat lengkap. Sehingga dapat mengetahui apabila ada WBP yang menggunakan narkoba dengan berbagai jenis.

“Alat tes urine tadi ada 6 parameter. Sekali cek bisa untuk melihat apakah ada WBP yang menggunakan ganja, kokain, morfin, benzo (pil double L) dan sabu. Alhamdulilah negatif seluruhnya,” tuturnya.

Tes urine dilakukan dengan pengawasan petugas. WBP dilarang menutup pintu kamar mandi ketika mengisi tabung tes urine. Kegiatan yang berlangsung di Aula Adi Sujatno tersebut berjalan lancar dengan mengedepankan protokol kesehatan. 

Selama kegiatan tes urine tersebut, WBP juga diajak rileksasi dengan cara nyanyi bersama lagu favorit mereka. Bahkan, ada WBP yang berduet dengan konselor rehabilitasi pecandu napza. (dro/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO